Cupang

13 Jenis ikan Cupang yang digemari

Berbicara mengenai ikan hias, tidak lengkap jika tidak menyebut ikan Cupang. Kembaran ikan Guppy ini memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi di kalangan pencinta ikan hias, terutama bagi pemula. Selain harganya yang murah, pemeliharaan yang mudah dan warna – warnanya yang indah. Yuk simak, beberapa jenis ikan Cupang yang dihimpun oleh Jalur Ikan. 

Cupang Plakat
Photo : Pinterest
  1. IKAN CUPANG PLAKAT

Nama Plakat berasal dari Bahasa Thailand yang artinya ikan yang menggigit. Plakat memang dikenal sebagai ikan petarung untuk diadu karena sifat agresifnya. Dikenal sebagai ikan yang berasal dari Siam (Thailand) yang tersebar di Lembah Sungai Chao Phraya. Oleh karenanya, ada sebutan lain untuk ikan ini, yaitu Siamese Figthing Fish atau ikan Siam. Plakat memiliki ciri khas tubuh yang kekar dengan sirip yang bentuknya tegas dan pendek. Umumnya, Plakat berwarna hijau, coklat dan abu – abu.

Photo : Aquariadise
  1. CROWN TAIL (CUPANG SERIT)

Ikan jenis ini berasal dari Indonesia, dimana proses penyilangannya dilakukan di Slipi, Jakarta Barat. Ikan Crown Tail merupakan hasil persilangan antara cupang lokal dengan indukan dari Thailand. Crown Tail telah membawa Indonesia ke kancah dunia karena keindahannya sudah diakui oleh International Betta Congres (IBC) yang merupakan komunitas pencinta ikan Cupang dari seluruh dunia. Istilah serit diberikan karena ekor ikan Cupang ini menyerupai sisir rambut yang halus (serit) dan jika dibalik akan terlihat seperti mahkota.

Water photo created by jcomp – www.freepik.com
  1. HALF MOON

Halfmoon ini ditemukan oleh seorang warga negara Amerika yang bernama Peter Goettner. Penamaan Halfmoon karena bentuk ekornya yang menyerupai setengah bulan (setengah bulat). Ikan ini sempat membuat kontroversi ketika mengikuti kontes IBC, hingga pada akhirnya berdiri organisasi baru yang bernama International Betta Splendens Club. Daya pikat Halfmoon terletak pada warna dan bentuk ekornya yang membuat ikan ini terlihat anggun dan mempesona.

Baca Juga :  Panduan Memelihara Ikan Discus, Pemula Wajib Tahu
Photo : pngkit
  1. HALF SUN

Ada Halfmoon, ada pula Halfsun. Penamaan Halfsun karena sirip dan ekornya mirip dengan matahari. Sekilas ikan ini mirip dengan Halfmoon, bedanya ekornya dapat terbentang hingga melebihi setengah lingkaran. Halfsun merupakan hasil persilangan antara Halfmoon dengan Crown Tail.

Photo : Pinterest
  1. HMPK

HMPK merupakan singkatan dari Halfmoon Plakat. Ikan jenis ini merupakan hasil persilangan antara Halfmoon dan Plakat. Biasanya kita dapat menemukan HMPK dalam kontes. Bentuk ekornya lebih lebar dibandingkan dengan jenis Plakat dan menyerupai Halfmoon.

Photo : Pinterest
  1. GIANT

Ikan jenis ini memiliki lebar mencapai 12 cm, tergolong besar untuk ukuran ikan Cupang. Asalnya dari negara Thailand yang ditemukan oleh peternak ikan di sana. Ikan pertama yang ditemukan berukuran 10 cm. Kemudian mereka mengembangkan ikan induknya dan mendapatkan hasil ikan dengan ukuran 12.5 cm dengan umur 1 tahun. Ikan ini juga pernah mengikuti kontes IBC dan dibanderol dengan harga 1000 USD.  Ikan ini tidak selincah ikan Cupang lainnya yang lebih mungil, namun keindahan dan ukurannya yang tidak biasa menjadikan Cupang jenis Giant tetap diminati oleh pecinta ikan hias.

Photo : Shopee
  1. FANCY

Ciri khas dari ikan Cupang jenis Fancy terletak pada kombinasi warnanya yang menarik. Pada ekornya terdapat 5 – 7 warna yang membuat ikan ini tampil berbeda.

Photo : eBay
  1. CUPANG SURGA

Bukan dari surga, tapi ikan ini berasal dari Asia Tenggara. Untuk wilayah Indonesia, ikan Cupang Surga dapat ditemukan di Sumatera, Jawa dan Bali. Namun kelangkaannya membuat ikan menjadi mahal.

Photo : Bettaid.com
  1. BIG EAR

Tampil dengan ukuran sirip yang besar, ikan Cupang Big Ear terlihat seperti telinga gajah yang besar sehingga dinamakan Big Ear. Ikan ini juga disebut dengan Cupang Dumbo Ear. Apabila dikawinkan dengan ikan sejenis, maka anaknya akan memiliki sirip yang lebih besar lagi. Ikan ini memiliki habitat asli di rawa – rawa dan sungai namun jenis ini sudah semakin langka.

Baca Juga :  Cara Memelihara Ikan Gurame Hias Agar Cepat Tumbuh Sebar
Photo : Pinterest
  1. SLAYER

Jenis ini merupakan persilangan antara Halfmoon dan Serit. Ditandai dengan warna tubuh yang terang seperti orange, kuning, merah, hijau dan lainnya. Slayer memiliki sirip dan ekor yang lebih besar daripada ukuran tubuhnya sendiri.

Photo : Tokopedia
  1. CUPANG SAWAH

Ikan Cupang Sawah memiliki habitat asli di alam liar. Ikan ini merupakan jenis asli yang belum mengalami persilangan dengan jenis aslinya. Meskipun bentuknya sederhana, namun ada beberapa yang memiliki warna dan bentuk yang bagus, elegan dan terlihat klasik. Nah, ikan yang langka inilah yang membuat harganya mahal meskipun berasal dari alam liar. Semakin umum bentuk dan warnanya, maka akan semakin murah pula harganya.

Photo : Shopee
  1. CUPANG EMAS

Nama Latinnya adalah Betta unimaculata yang memiliki arti berwarna keemasan. Sesuai namanya, warna keseluruhan mulai dari kepala hingga ekor berwarna emas. Terlihat seperti memiliki emas berbentuk ikan yang dapat berenang di akuarium. Cocok sekali untuk hiasan di rumah.

Photo : Aquascapedelivery
  1. CUPANG SARAWAK

Jenis Sarawak ditemukan pertama kali di Sarawak, Malaysia. Ciri khasnya adalah adanya garis di sisi kanan dan kiri, mulai dari kepala hingga ke ekornya. Garis pada ikan jantan dapat berubah menjadi samar ketika akan kawin dengan betina. Ikan ini juga tergolong mouthbrooder yang menjaga telur di dalam mulutnya. Namun, ikan jantanlah yang memiliki tugas untuk menyimpan telur di dalam mulutnya, sementara ikan betina akan bertindak sebagai penjaga ikan jantan.

Selain jenis – jenis yang sudah disebutkan di atas, masih terdapat jenis – jenis Cupang lainnya seperti : Double Tail yang memiliki ekor seperti terbelah menjadi dua, Veil Tail yang memiliki sirip dan ekor yang menjuntai serta lebar atau Spade Tail yang memiliki ekor menyerupai sekop. Setidaknya ada lebih dari 70 jenis ikan Cupang di seluruh dunia dan akan terus bertambah seiring dengan minat dari para pecinta ikan Cupang untuk menciptakan varian baru.

Baca Juga :  6 Hal tentang Ikan Koki, si Ikan Hias yang Unik

Breeders, sudah siap menambah varian ikan Cupang? Atau tertarik untuk menciptakan varian barunya?