budidaya ikan bawal

Budidaya Ikan Bawal Yang Baik dan Benar Dijamin Berhasil

Mengenal Budidaya Ikan Bawal dengan Baik – Ikan Bawal merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon Brazil yang memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan Piranha. Ikan bawal memiliki bentuk tubuh yang bulat, pipih dan memiliki lubang hidung yang besar, warna kulinya keperak-perakan dengan ujung sirip yang berwarna kuning.

Banyak orang yang membudidayakan ikan bawal karena memiliki daging yang sangat gurih dan nikmat sehingga cocok untuk di konsumsi. Membudidaya ikan bawal ini tergolong budidaya yang mudah.

Cara Budidaya Ikan Bawal

Jika Kamu ingin membudidaya ikan bawal, berikut adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan. 

kolam ikan

Menyiapkan Kolam

Ketika hendak memelihara ikan bawal diperlukan untuk mempersiapkan kolam ikan seperti halnya budidaya ikan air tawar lainnya. Menyiapkan kolam ini bertujuan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup. Hal pertama yang perlu Kamu lakukan yaitu mengeringkan kolam sehingga tanah dasarnya benar-benar kering. Tujuannya mengeringkan tanah dasar ini antara lain.

  • Menghilangkan ikan-ikan liar dalam kolam yang bersifat kompetitor ataupun predator.
  • Mengurangi senyawa-senyawa yang mengandung asam sulfida (H2S) dan senyawa beracun lainnya yang terbentuk selama kolam terendam.
  • Terjadinya pertukraan udara di permukaan dasar kolam dan dalam proses ini gas-gas oksigen (O2) dapat mengisi celah dan pori-pori tanah.

Ketika menunggu tanah dasar kolam kering, pematang kolam diperbaiki dan diperkuat dalam menutupi kebocoran-kebocoran yang ada. Setelah dasar kolam kering, kemudian kolam dikapur menggunakan kapur tohor atau dolomit dengan dosis 25 kg per 100 meter persegi.

Tujuannya diberikan kapur adalah untuk menungkatkan pH tanah dan dapat membunuh hama dan patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan.

Memilih dan Menebar Benih

benih ikan bawal

  • Memilih Benih
Baca Juga :  Budidaya Ikan Lele Untung Besar Dengan Modal Kecil

Memilih benih ikan merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan, karena benih ikan yang baik akan mampu bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Ciri-ciri benih ikan yang baik adalah sehat, anggota tubuh lengkap, bergerak aktif, ukuran ikan seragam, tidak cacat dan jenis ikan yang unggul.

  • Menebar benih 

Benih sebelum ditebar maka diperlukan adaptasi lingkungan terlebih dahulu, agar benih ikan tidak dalam keadaan stress saat berada di dalam kolam. Cara ikan beradaptasi ke lingkungan baru yaitu ikan yang masih terbungkus dalam plastik tertutup rapat kemudian dimasukkan ke dalam kolam sampai dinding plastik mengembun.

Hal ini menandakan jika air kolam dengan air yang ada di dalam plastik memiliki suhu yang sama. Kemudian, plastiknya dibuka dan air yang di kolam masukkan sedikit demi sedikit ke dalam plastik yang berisi benih hingga benih terlihat dalam kondisi yang baik. Selanjutnya benih dilepaskan dalam kolam secara perlahan.

  • Kualitas dan Memberi Pakan

Kualitas dan kuantitas dalam memberi pakan merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya ikan. Karena hanya dengan pakan yang baik ikan dapat berkembang dan tumbuh sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Kualitas pakan yang baik yaitu pakan yang memiliki gizi seimbang baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Pakan yang diberikan yaitu 3-5% berat badan ikan. Pemberian pakan bisa dilakukan dengan langsung menebar pakannya.

  • Panen

Pemanenan ikan dapat dilakukan ketika ikan bawal sudah berumur 4-6 bulan, umur ikan segitu telah mencapai ukuran kurang lebih 500 gram per ekor dengan kepadatan 4 ekor pe meter persegi. Alat yang digunakan memanen ikan bawal ini menggunakan waring bermata lebar.

Kelebihan Budidaya Ikan Bawal

  • Perkembangan dan Pertumbuhan Ikan yang Cepat
    Kelebihan yang dimiliki oleh ikan bawal ini yaitu memiliki laju pertumbuhan yang sangat pesat daripada ikan tawar lainnya. Hanya dalam jangka waktu tiga bulan, berat ikan bawal bisa mencapai satu kilo dari berat pertama kali di tebar yang hanya memiliki berat 100 gram.
  • Memiliki Corak Tubuh yang Bagus
    Ikan bawal juga dapat dijadikan sebagai ikan hias karena memiliki corak pada tubuh yang bagus dan bentuk tubuhnya yang mirip seperti ikan piranha. Secara umum, ikan bawal memiliki manfaat untuk dikonsumsi.
  • Cocok untuk Dikonsumsi
    Ikan bawal sangat cocok untuk dikonsumsi karena memiliki daging yang tebal sehingga jika dimasak cita rasanya enak dan gurih. Keuntungan memaakan ikan ini yaitu ikan yang memiliki sedikit duri.
  • Mudah Beradaptasi
    Ikan bawal memiliki kemampuan beradaptasi dilingkungan yang baru sehingga cocok jika dibudidayakan di daerah perkotaan ataupun di pedesaan.
  • Tahan Terhadap Serangan Hama dan Penyakit
    Ikan bawal termasuk kedalam ikan yang tahan akan hama penyakit. Oleh karena itu, jika Kamu ingin membudidayakan ikan ini, maka Kamu akan mendapatkan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha budidaya ikan.
  • Persaingan Usaha Budidaya yang Masih Sedikit
    Banyak pelaku usaha yang lebih tertarik dengan budidaya ikan lele ataupun ikan gurame sehingga persaingan usaha ikan bawal masih sangat sedikit.
Baca Juga :  Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium Dengan Mudah

Kekurangan Budidaya Ikan Bawal

  • Kurang Dikenal oleh Masyarakat
    Permintaan ikan bawal oleh masyarakat memang tinggi, namun ikan bawal masih kalah pamor dengan ikan lele dan ikan gurame.
  • Pemasarannya Cukup Sulit
    Untuk tingkat pemasaran ikan bawal, sedikit lebih sulit untuk memasarkannya. Jadi, Kamu harus menemukan warung yang menjual hidangan atau lauk ikan bawal.
  • Resiko Kematian yang Pasti Ada
    Ketika  Kamu memutuskan untuk budidaya ikan, pasti ada resiko kematian pada ikan. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan dan menjaga ikan sehingga terhindar dari hama dan penyakit. Karena jika menyerang satu ikan, maka akan menular ikan yang lain dalam satu kolam tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai budidaya ikan bawal yang baik dan tepat. Semoga bermanfaat dan membantu.