budidaya ikan gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame Dijamin Mudah dan Cepat Besar

Budidaya Ikan gurame sekarang ini merupakan salah satu jenis ikan yang bisa ditemukan di perairan daerah Jawa Barat yang juga banyak dijadikan sebagai ladang usaha. Ikan gurame menjadi salah satu komoditi perikanan air tawar yang memiliki peran penting karena tingkat peminatnya yang cukup penting karena tingkat peminatan ikan ini cukup besar.

Budidaya atau ternak ikan gurame memiliki hasil yang menjanjikan. Namun, sebelum Kamu memilih budidaya ikan ini sebaiknya mengetahui cara budidaya ikan tawar jenis ini dan menerapkan tipsnya dengan benar dalam mencapai hasil yang maksimal.

Jenis-Jenis Ikan Gurame

Inilah beberapa jenis ikan gurame yang bisa Kamu pilih ketika ingin memulai ternak ikan gurame.

  • Gurame Soang

budidaya ikan Gurame Soang

Ikan gurame yang biasanya ditemui di pasar dan menu sajian di rumah makan. Ikan gurame ini memiliki berat sekitar 700 gram hingga 1,2 kilogram ketika berumur 12 bulan.

  • Gurame Jepang

budidaya ikan Gurame Jepang
Ikan gurame jepun atau jepang ini juga banyak dikenal oleh masyarakat daerah Jawa Tengah. Sama halnya dengan ikan gurame soang, ikan jenis ini banyak ditemui di pasaran dengan bobot hingga 3-4 kilogram per ekor.

  • Gurame Porselin

budidaya ikan Gurame Porselin
Ikan gurame ini memiliki warna kulit yang agak merah muda den keperakan. Ikan gurame satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada berat rata-rata 1,5 kilogram sampai dengan 2 kilogram ketika siap panen.

  • Gurame Kapas

budidaya ikan gurame kapas
Ikan gurame kapas memiliki warna putih disekujur tubuh dan juga memiliki sisik yang lebih keras. Berat maksimalnya hanya mencapai 1,5 kilogram.

  • Gurame Bastar

gurame baster
Ikan gurame ini memiliki ciri ciri berwarna abu-abu disekujur tubuh dan juga dapat tumbuh besar hingga 6-9 kilogram. Namun, untuk produktivitas telur gurame bastar relatif rendah. Sehingga jarang sekali untuk dikonsumsi.

  • Gurame Blue Safir

Gurame blue safir
Ikan gurame ini memiliki ciri khas yaitu garis merah dengan berat maksimalnya mencapai 2 kilogram.

  • Gurame Paris

gurame paris
Ikan gurame ini memiliki warnah merah muda yang cenderung keemasan dan umum kita temui di menu sajian gurame besar yang digoreng kering. Untuk berat maksimalnya 1,5 kilogram.

Baca Juga :  Budidaya Ikan cupang Dijamin Burayak Banyak dan Sehat

Jenis Kolam untuk Budidaya Ikan Gurame

Kolam yang digunaka untuk membudidaya ikan gurame dapat disesuaikan dengan ketersediaan lahan dan menyesuaikan jumlah ikan gurame yang akan dibudidaya. Secara umum, rasio panjang, lebar dan tinggi kolam ikan yaitu 7x10x1 meter. Berikut ini Jenis kolam yang bisa dipakai untuk melakukan budidaya ikan gurame antara lain adalah:

  • Kolam Semen
  • Kolam Tanah
  • Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurame

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus diperhatikan jika kamu ingin membuka usaha dalam bidang membudidaya ikan gurame.

  1. Menyiapkan Kolam

Ketika ingin budidaya ikan tawar seperti gurame, kamu bisa menggunakan terpal sebagai dasar permukaan kolamnya. Alternatifnya, Kamu dapet menggunakan plastik yang cukup tebal dan transparan. Kemudian Kamu harus membuat dinding sebagai penompang kolam ikannya.

Dinding penompang kolam disusun dari tumpukan batu bata dengan berukuran panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1 meter. Kemudian plastik atau terpalnya diletakkan pada dasar dan dinding kolam. Selanjutnya, waktunya untuk mengisi kolam menggunakan air.

  1. Teknik Pengisian Air Kolam

Setelah membuat kolam ikan, isilah kolam tersebut menggunakan air. Dalam mengisi air kolam, perlu diperhatikan jangan sampai ketinggian air kurang dari 50-75 cm. ketika kolam sudah terisi dengan air, Kamu tidak bisa langsung mengisi kolam tersebut dengan benih ikan gurame.

Jika sudah dapat satu minggu, kamu bisa memasukkan bibit ikan gurame yang sudah berusia dua bulan. Usia gurame dua bulan sudah cukup untuk bertahan pada cuaca dan suhu kolam yang terbuat dari terpal.

  1. Jumlah Bibit Ikan Gurame dalam Satu Kolam

Sebaiknya jumlah bibit ikan gurame yang Kamu pelihara dalam satu kolamnya yaitu sebanyak 200 ekor. Sebaiknya menghindari menaruh bibit ikan gurame dalam jumlah yang terlalu banyak agar saat ikan tumbuh, mereka masih bisa bergerak bebas.

  1. Memberi Pakan Ikan Gurame

Agar ikan gurame bisa cepat besar dan sehat terus maka kalian harus memberikan pakan yang berkualitas. Waktu pemberian pakan ikan gurame juga perlu diperhatikan. Waktu yang paling baik untuk memberi pakan adalah dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

  1. Memberikan Eceng Gondok

Agar tidak terpapar sinar matahari langsung dan berlebihan ke kolam, maka perlu diberikan beberapa tanaman eceng gondok untuk diletakkan di kolam ikan guramenya. Selain itu,

Baca Juga :  Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Aquarium Dengan Mudah

Agar ikan gurame dapat berkembang biak dengan baik dan sehat maka pastikan sirkulasi air pada kolam dapat berjalan dengan baik juga.

  1. Pencegahan Penyakit terhadap Ikan Gurame

Dalam mempertahankan harga ikan gurame yang tinggi dan ikan gurame berkualitas, sebaiknya Kamu harus menjaga kesehatan ikan-ikan tersebut. Memberikan sanitizer pada kolam ikan gurame dengan rentang waktu setiap dua minggu sekali. Sanitizer dapat berfungsi sebagai pembunuh kuman yang dapat tumbuh di kolam.

Kamu juga harus rutin dalam membersihkan kolam ikan guramenya. Dengan membuang sisa makanan ikan gurame dan daun yang jatuh agar kolam tidak kotor. Sehingga kesehatan ikan gurame dapat terselamatkan.

  1. Panen Ikan Gurame

Memanen ikan gurame tidak boleh sembarangan. Ketika dipanen setidaknya ikan gurame harus memiliki berat yaitu 7 ons. Jika di awal masa pembudidayaan ikan gurame ini Kamu menaruh bibit ikan gurame dengan berat 2,5 ons, maka dibutuhkan waktu sekitar 5 bulan hingga masa panen tiba.

Itulah beberapa penjelasan mengenai budidaya ikan gurame yang baik dan tepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Kamu yang akan merintis usaha budidaya ikan air tawar jenis gurame ini.