cara merawat aquascapes

6 Cara Merawat Aquascape Dengan Benar, Cocok Untuk Pemula

6 Cara Merawat Aquascape Dengan Benar, Cocok Untuk Pemula – Estetika aquascape diciptakan oleh kombinasi seimbang dari komponen mikroskopis ekosistem. Kondisi udara dan keseimbangan organisme di dalamnya harus diperhatikan. Tidak hanya ikan, tapi juga perawatan khusus agar selalu cantik. Cara merawat aquascape berbeda dengan perawatan akuarium biasa.

Akuarium biasanya menggunakan tanaman hias palsu agar lebih mudah perawatannya. Pada saat yang sama, akuarium mengutamakan unsur-unsur dalam kehidupan. Misalnya, tanaman yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan udara menjadi kotor. Air tempat ikan hidup adalah komponen utama lanskap akuarium. Oleh karena itu harus dijaga dengan baik.

Cara Merawat Aquascape Dengan Benar

Cara Merawat Aquascape Bersih

Cara merawat aquascape yang baik, sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula sekalipun. Tujuan utama memiliki akuarium adalah untuk mempercantik ruangan. Untuk menjaga kebersihan selalu sama, mohon lakukan perawatan rutin. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara untuk merawat lanskap akuarium.

Lingkungan Aquascape

Lingkungan Aquascape

1. Jaga kondisi lingkungannya dengan baik, cara merawat tanaman air yang pertama adalah dengan menjaga lingkungan. Sangat penting untuk menjaga kondisi lingkungan untuk pertumbuhan tanaman air. Layaknya tumbuhan biasa, tumbuhan air juga sangat membantu kondisi lingkungan. Jika lingkungannya bagus, tanaman juga akan tumbuh subur. Tanaman tumbuh melalui kondisi air, cahaya atau ventilasi.

Oleh karena itu, permasalahan mendasar ini harus dikendalikan dengan baik. Meski tumbuhan hidup di udara, mereka tetap membutuhkan penerangan selama fotosintesis. Kebanyakan aquascape terletak di dalam ruangan dan tidak akan terpapar sinar matahari. Namun jika terkena sinar matahari langsung, tanaman air lebih cenderung tumbuh lumut. Pencahayaan tidak bisa dilakukan sesuka hati, karena cahaya harus menjangkau seluruh bagian akuarium.

Selain tidak kondusif untuk pertumbuhan tanaman, penerangan yang tidak tepat juga tidak sedap dipandang. Cara merawat aquascape selanjutnya sebagai alternatif penerangan agar tanaman tetap dapat melakukan fotosintesis, mohon digunakan lampu fluorescent atau lampu LED. Untuk metode alternatif ini, tempatkan dengan hati-hati. Lampu fluorescent berada 10 cm di atas ketinggian udara, dan LED sekitar 30 cm di atas ketinggian udara.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Hias Dengan Baik dan Benar Untuk Pemula

Asupan Tanaman

2. Jaga asupan unsur hara tanaman, tumbuhan di dalam air juga membutuhkan unsur hara untuk terus tumbuh. Salah satu unsur hara yang dibutuhkan tanaman adalah pupuk. Penggunaan pupuk harus mengikuti kaidah pemakaian dan harus memenuhi kebutuhan tanaman. Pupuk juga menjadi kunci untuk merawat tanaman air.

Pupuk yang berlebihan tidak hanya berbahaya bagi tumbuhan, tetapi juga dapat menjaga kelangsungan hidup hewan yang ada di dalamnya. Ikan di dalam air bisa diracuni. Namun, pemberian pupuk yang sangat sedikit dapat menyebabkan tanaman cepat mati. Langkah pertama cara merawat tanaman air adalah dengan memberikan pupuk dasar. Sebelum pengisian apapun, pupuk harus diterapkan.

Campurkan pupuk atau jenis pupuk NPK lainnya dengan substrat. Perbandingan substrat 4 dan perbandingan pupuk 1. Substrat yang paling umum digunakan biasanya pasir. Taburkan campuran pupuk langsung di atas air. Kemudian tanaman terpilih dimasukkan ke dalam campuran pupuk dan substrat. Dengan cara ini, akar tanaman akan tumbuh kuat dan sehat. Setelah ekosistem akuarium terbentuk, tanaman itu bisa tumbuh dan masih membutuhkan pupuk.

Jika Anda menghadapi situasi ini pilihlah jenis pupuk tetap. Bentuk pupuk ini seperti serpihan, cara pemakaiannya dengan menaburkan disekitar tanaman. Adapun cara merawat aquascape berikutnya untuk menjaga nutrisi normal, gunakan pupuk cair setiap 4 kali sehari. Cara meneteskan pupuk gampang, teteskan pupuk cair langsung ke dalam wadah. Dosisnya berbeda, harap ikuti instruksi pada kemasannya.

Tanaman Aquascape

tanaman aquascape

3. Rawat tanaman pada aquascape dengan teratur secara rutin, cara merawat akuarium yang baik utamanya ialah pada pemangkasannya secara teratur. Tanaman yang tumbuh subur akan membuat aquarium tampak penuh, sehingga pemangkasan akan membuatnya tampak lebih rapi. Waktu dari pemangkasan ini tergantung pada jenis tanaman yang ada pada aquascape.

Baca Juga :  Makanan Ikan Oscar Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui

Setiap tanaman tentunya memiliki laju pertumbuhan yang cukup berbeda. Tiga tumbuhan yang saat ini paling banyak digunakan ialah seperti pakis, batang, latar depan, dan lumut. Adapun untuk jenis tanaman yang dikeringkan biasanya akan tumbuh lebih cepat dibanding dengan tanaman yang lainnya. Karena itu pemangkasannya pun harus dilakukan dengan lebih sering.

Unsur Air

4. Perhatikan juga kebersihan serta kualitas dari air yang digunakan, hal ini dikarenakan aquascape tidak hanya membutuhkan air bersih tapi juga air yang mengandung banyak mineral. Ini dikarenakan makhluk di dalam aquarium tersebut membutuhkan unsur yang baik agar tetap sehat serta dapat berkembang. Pengendalian dari kualitas udara ini meliputi suhu, sirkulasi nitrogen, pH, kandungan CO2, dan kandungan oksigen terlarut.

Cara merawat aquascape selanjutnya untuk mengetahui jumlah indikator dari parameter air diperlukan alat uji air yang digunakan sebagai alat jaminan kualitas. Pilihlah peralatan pengujian air dengan keunggulan yang paling sesuai. Ada baiknya untuk memilih alat yang bisa digunakan pada air laut maupun air tawar. Kemudian selain mengecek isinya dengan baik, harus juga diperhatikan kebersihan dari udara pada akuarium.

Sebenarnya tidak ada aturan yang khusus kapan kita harus mengganti udara pada aquarium tapi yang terbaik adalah dengan mengubahnya secara rutin seminggu sekali. Jika menggunakan air sumur atau air tawar kita bisa langsung memasukkannya ke dalam tangki. Adapun jika menggunakan PDAM sebaiknya biarkan semalaman untuk mencegah masuknya klorin. Hal ini dikarenakan kandungan klorin tidak kondusif bagi kelangsungan ekosistem dari akuarium.

Cara Merawat Aquascape Kualitas Air

5. Cara selanjutnya ialah ganti air yang menguap secara rutin. Cara terbaik untuk merawat lanskap akuarium adalah dengan memperhatikan kualitas air pada akuarium. Udara pada akuarium menguap dengan lebih cepat yang disebabkan oleh efek panas dari pencahayaan. Selain itu penggunaan dari kipas angin yang berfungsi untuk mendinginkan air juga dapat mempercepat proses dari penguapan juga.

Air yang kemudian hilang karena proses penguapan akan menghancurkan puing-puing di udara.Lalu ada juga pengurangan emisi yang cukup berpengaruh pada konsentrasi polutan, unsur garam, dan kalsium di lingkungan jadi lebih tinggi. Oleh karena itu, untuk cara merawat aquascape yang baik dan benar sangat disarankan untuk menambahkan air daripada air evaporasi. Air tersebut bisa ditambahkan secara rutin setiap dua hari sekali tergantung pada kecepatan dari proses penguapan.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Kemudian tambahkan sekitar dua sendok air, ubah udara segera setelah penguapan dalam jumlah besar jangan menunggu airnya habis. Disarankan untuk menambah 10% hingga 20% udara setelah udara menghilang. Adapun saat air laut digunakan ternyata juga cukup aditif. Begitu pula jika tidak mencampurkan kedua jenis air pada satu tangki.

Bersihkan Kaca Aquarium

Cara Merawat Kaca Aquascape

6. Bersihkan kaca dari aquarium secara teratur dengan hati-hati untuk melindungi aquarium tersebut. Permasalahan yang cukup sering muncul dalam pemeliharaan ikan hias ialah kaca yang menjadi buram. Situasi ini jelas akan merusak keindahan ikan dan aquarium tersebut. Bersihkan kaca dari akuarium sebelum kotoran kaca jadi lebih sulit untuk dihilangkan.

Pembersih kaca akuarium banyak terukur di pasaran dan harganya sekitar 50 ribu sampai dengan 100 juta tergantung dengan model yang akan digunakan. Biasanya cukup mudah digunakan yaitu dengan menuangkan cairan pembersih pada lapisan kaca. Tunggu dalam beberapa saat kemudian gosok dengan menggunakan spons. Anda juga bisa menggunakan bahan yang lebih alami seperti misalnya jeruk nipis.

Cara Merawat Aquascape Aquarium

Cara mudah cukup siapkan jeruk nipis juga soda kue sesuai selera. Potong jeruk nipis menjadi dua dan peras airnya ke permukaan kaca. Kemudian tambahkan soda kue dan tunggu hingga kedua bahan tersebut dapat bereaksi. Lap dengan lembut, lalu bilas dengan air. Butuh kesabaran untuk merawat akuarium. Hobi beternak ikan memang menarik, tapi harus dijaga.

Sekian ulasan mengenai 6 cara merawat aquascape dengan baik dan benar yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi terkait dengan perawatan lanskap aquarium. Merawat aquarium memang harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.