Cara Merawat Ikan Guppy

Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Cara Merawat Ikan Guppy yang baik dan benar versi jalurikan.com bisa anda ikutin agar ikan anda tidak cepat mati. Ikan guppy ini sendiri bisa kamu jadikan sebagai salah satu ikan hias air tawar dengan beragam keindahannya, selain memiliki warna yang cantik dan perawatannya cukup mudah harga pasaran ikan guppy juga terbilang cukup murah dan nyaman dikantong.

Cara Merawat Ikan Guppy Untuk Pemula

Hal ini disebabkan oleh jenis ikan guppy ini sangat mudah untuk berkembang biak jadi tidak heran pula kenapa ikan ini memiliki nilai jual yang cukup murah jika kita bandingkan dengan ikan hias lainnya. Buat kamu yang ingin mencoba memelihara ikan guppy maka kalian harus tahu terlebih dahulu cara merawat ikan guppy yang benar agar ikan hias anda bisa tumbuh berkembang dengan baik dan tidak mudah mati.

Ikan guppy juga terkenal sebagai salah satu ikan yang cepat dalam berkembang biak yang biasa dijuluki sebagai million fish. Kalian harus tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil ikan guppy yang cukup beragam mulai dari keunikan warna dan bentuk yang membuat ikan ini menjadi sangat menarik perhatian.

Cara Merawat Ikan Guppy di Aquarium

Perhatikan Kondisi Air

Seperti makhluk hidup lainnya, ikan guppy pasti membutuhkan yang namanya kondisi lingukan yang sehat agar bisa hidup dengan baik. Apalagi ikan guppy juga sangat mudah stress ketika pH yang tidak sesuai dalam air yang membuat air tidak segar. Anda bisa mengetahui ikan guppy anda stress ketika ikan tersebut tidak aktif bergerak seperti biasanya. Untuk itu kalian harus perhatikan kondisi air yang ditempati oleh ikan guppy.

Baca Juga :  13 Jenis Ikan Louhan Terbaik Yang Wajib Kalian Ketahui

Salah satunya adalah rutin menguras air secara teratur terutama dalam membersihkan kotoran atau sisa pakan yang tidak dimakan habis, karena ini juga bisa menyebabkan ikan guppy anda menjadi stress dan bisa membuat kondiri air dalam aquarium menjadi buruk. Ikan guppy hidup dengan suhu berkisar 25 derajat celcius.

Suasana Aquarium

Merawat Ikan Guppy
Ikan guppy hidup di habitat lingkungan yang memiliki arus, agar ikan guppy bisa aman dan nyaman hidup di aquarium. kamu bisa menyesuaikan kondisi dan suasana aquarium mirip dengan habitatnya. Kamu juga bisa memasang aerator agar kondisi pH air tetap seimbang serta memiliki kandungan oksigen yang bagus pula untuk ikan hias. Kamu juga bisa menambahkan filter aquarium untuk bisa menyedot sisa pakan serta kotoran dari ikan guppy yang mengendap di dasar aquarium.

Kalian juga bisa menambahkan dekorasi-dekorasi seperti tanaman serta tumbuh-tumbuhan untuk tempat persembunyian dan tempat bermain.

Pakan yang sehat

Untuk pemberikan pakan yang baik untuk ikan guppy anda kalian bisa memberikan pakan seperti kutu air dan juga artemia yang merupakan makanan terbaik untuk para ikan hias. Selain itu kalian juga bisa memberikan berupa jentik nyamuk dan cacing sutra.

Kalau tidak mau ribet anda bisa memberikan pelet ikan guppy yang berukuran kecil, tapi saya menyarankan anda untuk memberikan artemia serta kutur air yang sangat membantu cepat pertumbuhan ikan guppy.

Teman Ikan Guppy

Ikan Guppy
Ikan guppy bisa hidup berkelompok dan tidak begitu agresif, sehingga kamu bisa mencampurkan ikan guppy dengan ikan jenis lainnya yang tidak begitu agresif. Hal ini bertujuan untuk menghindari serangan yang bisa membuat ekor ikan guppy jelek akibat dipatok. Berikut ini teman ikan guppy yang cocok antara lain, ikan platy, ikan zebra.

Baca Juga :  Macam-macam Ikan Hias, Cara Perawatan, dan Kisaran Harganya

Harap dihimbau dari pengalaman admin sendiri. Jangan pernah untuk menyatukan ikan guppy jantan dengan ikan guppy betina kecuali sewaktu proses pemijahan. Jika anda ingin memasukan indukan jantan dengan betina sebaiknya rasio antara ikan jantan dengan betina 1:5 atau 2:5. Jika tidak indukan betina akan terus diserang oleh indukan jantan yang menyebabkan badan indukan betina terluka dan menyebabkan kematian.