Cara Merawat Ikan Hias

Cara Merawat Ikan Hias Dengan Baik dan Benar Untuk Pemula

Ikan Hias termasuk salah satu hewan peliharaan populer di dunia. Berminat untuk merawat ikan hias air tawar? akan tetapi masih baru dan belom ada pengalaman? Yuk simak tips cara merawat ikan hias dengan baik dan benar versi jalurikan.com

Ikan hias dibagi menjadi dua kelompok yakni ikan hias air tawar dan ada juga ikan hias air laut, perbedaan dari masing-masing kelompok yakni habitatnya. Jadi jangan sampai anda salah membeli ikan dan menempatkannya di wadah yang salah, bisa-bisa ikan anda bisa stress dan mati.

Sekarang ini ikan hias air tawar banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah yang mampu membuat pemiliknya menjadi lebih rileks dan menghilangkan stress. Tak hanya menggemaskan akibat dari sejumlah aktivitas dan bentuknya yang unik dan lucu. Disini untuk ikan hias air tawar biasanya yang sedang populer yakni ikan mas koki, ikan guppy, ikan cupang, ikan arwana dan masih banyak jenis ikan hias lainnya yang bisa anda pelihara di akuarium anda.

Perlu anda ketahui bahwa ikan hias menduduki peringkat ketiga sebagai hewan peliharaan yang paling populer setelah kucing dan anjing. Walau hidup di air dan tidak membutuhkan waktu yang besar, anda harus mengetahui terlebih dahulu cara merawat ikan hias yang baik dan benar. Umumnya kelalaian para pemula itu berasal dari penempatan air yang kurang bagus, Terlalu banyak pakan yang berlebihan serta masih banyak lagi gejala gejala lain yang bisa membuat ikan hias anda cepat mati.

Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar

Lantas bagaimana cara merawat ikan hias agar bisa sehat selalu? Yuk ikutin tips-tips kami dibawah ini

1. Ukuran Akuarium

Ukuran Akuarium

Hal pertama kali sebelum anda merawat ikan hias air tawar adalah memiliki akuarium yang tepat terlebih dahulu. Jangan sampai salah memilih ukuran akuarium anda, jika tidak ikan anda akan mengalami stress dan tidak bertahan lama.

Kondisikan ukuran akuarium anda dengan ikan hias air tawar yang anda ingin rawat, contoh yang bisa diliat jika anda berminat untuk memelihara ikan arwana akan tetapi anda menempatkan ikan arwana yang bisa tumbuh besar tersebut dengan ukuran akuarium yang panjang dan lebarnya hanya 30cm sudah dipastikan ikan hias tersebut akan stress dan mati.

2. Perhatikan Kondisi Air

Kondisi Air

Kita masuk ke kondisi air, seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ikan hias ada 2 jenis yakni ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Jika anda berniat untuk memlihara ikan nemo atau ikan badut yang habitatnya berasal dari laut maka sudah dipastikan anda harus memiliki air laut yang sesuai dengan habitatnya.

Selain itu kalian juga harus mengukur suhu dan pH airnya agar sesuai dan layak untuk ditempati ikan hias kesanyangan anda. Bayangkan saja anda menjadi ikan dan tinggal dilingkungan yang sangat kotor pasti anda bisa stress dan juga terjangkit penyakit.

Berikut ini ikan hias air tawar yang mudah untuk dirawat dan tidak membutuhkan akuarium yang cukup besar yakni : ikan neon tetra, Ikan molly, ikan zebra, ikan louhan dan masih banyak lagi.

3. Menjaga Tingkat pH

Menjaga pH Air

pH adalah tingkat keasaman dan alkalnitas air. Untuk dapat mengukur tingkat kadar pH dalam air anda bisa membeli alat uji coba pH untuk memeriksanya. Pada umumnya ikan air tawar berkembang biak dengan baik ditingkat pH antara 6,8 sampai 7,5 tergantung dari jenisnya. Karena pada kisaran inilah ikan akan merasa seperti ditempat alaminya.

Baca Juga :  12 Ikan Hias Air Laut Yang Cocok Untuk Pemula

Selain itu kalian juga harus memeriksa kadar pH yang bisa berubah-berubah seiring waktu, karena perubahan pH ini dapat menyebabkan ikan menjadi stress dan gampang diserang oleh penyakit.

4. Perhatikan Suhu

Suhu akuarium

Buat kalian yang berencana untuk memilihara ikan hias di luar ruangan yang sering terkena sinar matahari ataupun hujan, maka sebaiknya anda disarankan untuk membeli alat penyesuaian suhu. Karena jika terjadi perubahan suhu secara mendadak ini bisa membuat ikan anda menjadi stress juga dan pastinya gampang terserang oleh penyakit.

Sebenarnya tidak salah untuk memelihara ikan hias air tawar di kolam, akan tetapi untuk pemula disarankan untuk memelihara ikan di akuarium terlebih dahulu selain tidak ribet juga bisa menjauhkan ikan hias anda mengalami stress.

5. Pakan Yang Berlebihan

Pakan Yang Berlebihan

Nah buat para pemula pasti ingin melihat ikan hias air tawarnya bisa tumbuh lebih cepat sehingga memberikan pakan yang berlebihan, sebenarnya ini sangat fatal karena jika anda memberikan pakan yang berlebihan dan tidak habis dimakan oleh ikan anda, maka pakan tadi akan mengendap di dasar akuarium dan terjadilah proses pembusukan makanan yang membuat kondisi air terkontaminasi yang menjadi racun dan ujungnya membuat ikan anda menjadi stress dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu saya memberikan sedikit saran untuk pemberikan pakan sebaiknya memberikan pakan yang sedikit saja, tapi dilakukan secara berulang. Jika anda memberikan pakan dan setelah 2 menit pakannya tidak habis, alangkah baiknya untuk mengangkat pakan tersebut agar tidak terjadi keracunan air.

6. Mengganti Air

Cara Merawat Ikan Hias

Gantilah air akuarium anda jika terlihat berkabut dan jorok, sebelum melakukan proses pergantian air kalian harus perhatikan terlebih dahulu untuk tidak mengganti air secara langsung. Mengapa demikian? karena ini bisa membuat ikan anda kaget karena harus memaksa mereka untuk beradaptasi dengan air yang baru lagi.

Baca Juga :  Susunan Filter Kolam Koi yang Benar Beserta Fungsinya

Sebaiknya ganti air akuarium anda sebanyak 60% sampai 80% dan isi dengan air yang baru. sisakan setidaknya 20% sampai 40% air yang berada diakuarium agar ikan hias anda tidak mengalami stress.

Berikut adalah beberapa tips dalam cara merawat ikan hias yang baik dan benar versi jalurikan.com semoga tips ini bisa bermanfaat buat anda yang baru saja ingin merawat ikan. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya dan jangan lupa untuk like artikel ini jika anda suka dan share agar yang lain bisa tahu. Sekian dan terima kasih