Pesona Arwana, Si Raja Ikan Hias yang Membawa Keberuntungan

Ikan Arwana merupakan ikan purba yang terancam punah dan sangat populer. Kelangkaannya membuat ikan ini termasuk dalam daftar perlindungan Appendix I CITES (Convention on International Trade in Endangered Species). CITES ini merupakan sebuah kesepakatan internasional dari pemerintah untuk memastikan bahwa perdagangan tumbuhan dan satwa liar tidak mengancam keberadaan hidup tumbuhan dan satwa liar. Untuk perdagangan ikan Arwana diperbolehkan secara hukum, namun CITES memberikan syarat jika ikan yang diperdagangkan merupakan hasil penangkaran.

NAMA dan VARIETAS

Ikan dengan nama latin Scleropages formosus atau Arwana Asia ini merupakan spesies asli yang berasal dari Asia Tenggara. Selain Arwana Asia, ada beberapa julukan lainnya, seperti ikan siluk, ikan naga, ikan khayangan, ikan kalikasi dan ikan kelasa.

Ada 4 varietas untuk membedakan ikan ini berdasarkan warnanya:

  1. Hijau, ditemukan di IndonesiaVietnamBirmaThailand, dan Malaysia
  2. Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
  3. Emas, ditemukan di Malaysia
  4. Merah, ditemukan di Indonesia

(sumber : Wikipedia)

CIRI FISIK

Ikan Arwana juga dikenal sebagai ikan naga karena memiliki dua sungut di bawah mulut, seperti halnya naga. Sungut ini berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui keberadaan mangsa di atas air. Perutnya tidak terlalu jelas karena mayoritas rata, bahkan ada yang memiliki lebar badan yang sama mulai dari depan hingga ke belakang. Mulutnya lebar dan bisa membuka hingga ke bawah mata dengan rahang yang kuat. Tubuhnya pipih, sementara punggungnya datar. Arwana dewasa dapat tumbuh hingga 90 cm, pada beberapa varian Arwana bahkan bisa tumbuh hingga lebih dari 1 meter. Salah satu keunikan fisiknya adalah adanya tulang di bawah mulut yang disebut bony tongue atau lidah bertulang.

Baca Juga :  Jenis Jenis Ikan Hias Yang Banyak Digemari Oleh Para Masyarakat

Sisik yang terdapat di tubuh Arwana ada 6 lapis, mulai dari bagian perut hingga ke bagian punggung. Sisiknya berbentuk bulat dengan permukaan yang mengkilat. Rupanya, barisan sisik ini turut menentukan warna dari Arwana.

Untuk membedakan Arwana jantan dan betina, kita dapat melihat data sebagai berikut :

Sumber : Momon dan Hartono, 2002

 KEUNIKAN IKAN ARWANA

  1. Surface Feeder

Arwana berenang di dekat permukaan air untuk mencari mangsa, bahkan dapat meloncat setinggi 1,5 meter untuk menangkap mangsanya, terutama jenis Arwana Silver. Oleh karena senang berenang di dekat permukaan air, Arwana dapat mengambil oksigen langsung dari udara.  Arwana jenis ini juga dijuluki ‘monyet silver’.

  1. Carnivora

Ikan yang suka berenang di air yang tenang ini, termasuk Carnivora predator yang dapat memakan hewan lainnya. Makanannya antara lain; serangga, burung, reptil, dan kelelawar.

  1. Pembawa Hoki/Keberuntungan

Dragon Fish, demikian sebutannya. Julukan ini diambil dari mitos bahwa Arwana merupakan titisan naga yang menjadi perwujudan dari Dewi Khayangan. Tidak heran jika salah satu sebutannya adalah Ikan Khayangan.

Pada masyarakat Tiongkok, ikan adalah simbol kelimpahan. Khususnya Arwana yang memiliki karakteristik tumbuh dengan cepat dan kuat. Orang – orang yang memelihara Arwana akan mendapat keberuntungan. Menurut Fengshui, jika kita memelihara ikan Arwan di bagian tengah rumah, maka akan memberikan efek kedamaian dan ketenangan. Arwana juga dapat dipelihara di ruang tamu atau tempat usaha agar mendatangkan rejeki, sekaligus memperlihatkan kekuasaan dari pemiliknya.

  1. Jumlah yang terbatas

Kelangkaan ikan Arwana menjadi salah satu faktor yang menyebabkan harganya melambung tinggi. Apalagi perdagangan ikan ini diatur oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

  1. Pemasangan Chip
Baca Juga :  7 Fakta Ikan Guppy, Kembaran Si Cupang

Arwana yang akan diperdagangkan akan dipasang chip dengan tujuan untuk pengenalan dan identifikasi jenis, silsilah dan info – info yang berhubungan dengan ikan ini. Chip tersebut menggunakan teknologi RFID dan dikenal sebagai tag PIT (Passive Integrated Transponder). Aturan ini merujuk pada Undang-undang (UU) No. 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Permenhut No. P19/Menhut-II/2005, dan Permen LHK No 20 Tahun 2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

JENIS – JENIS IKAN ARWANA

Sumber : planetexoticpets
1. Platinum Arwana

Platinum Arwana ini menjadi jenis Arwana yang paling mahal. Tubuhnya terlihat mengkilap seperti platinum dan keseluruhannya berwarna putih, tidak ada warna lain. Sisik di permukaannya halus, tidak heran jika dia mendapat julukan ikan tercantik. Ikan ini dapat hidup sekitar 10 – 15 tahun dan membutuhkan air sebanyak 950 liter untuk tempat tinggalnya. Ikan ini dibanderol dengan harga mencapai USD 400.000. Fantastis !

Sumber : KKP – Kementerian Kelautan dan Perikanan
2. Red Tail Golden (RTG)

Salah satu jenis Arwana yang populer adalah ikan Arwana Golden Red atau Indonesian Golden Arwana. Varietas ini banyak ditemukan di Riau. Warna tubuhnya emas mulai dari sisik pertama hingga maksimal sisik ke lima.

Sumber : KKP – Kementerian Kelautan dan Perikanan
3. Black Golden Arwana

Ikan ini berasal dari Malaysia dengan ciri khas sisik yang berwarna emas dan hitam. Seperti halnya dengan Red Tail Golden, ikan ini termasuk varian dari Golden Arwana.

Sumber : KKP – Kementerian Kelautan dan Perikanan
 4. Cross Black Golden

Ciri khas ikan ini adalah warna emas yang terlihat mencolok di punggungnya. Harganya CBG ini tidak tanggung – tanggung, kamu harus menyiapkan sekitar 18 juta rupiah untuk dapat membelinya.

Sumber : fatasama.com
  1. Arwana Batik

Sesuai namanya, ikan ini memiliki corak yang unik seperti pola kain batik. Warnanya merupakan perpaduan perak dan perunggu. Harganya bisa mencapai lebih dari 50 juta rupiah.

Baca Juga :  13 Jenis Ikan Louhan Terbaik Yang Wajib Kalian Ketahui
Sumber : KKP – Kementerian Kelautan dan Perikanan
  1. Super Red Arwana

Ikan ini berasal dari Kalimantan Barat, contohnya di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Warna tubuhnya dominan merah terutama di bagian tutup insang dan pinggiran sisik.

Sumber : KKP – Kementerian Kelautan dan Perikanan
  1. Arwana Papua (Pearl Arwana)

Ikan Arwana juga dapat ditemukan di Papua. Keunikannya terletak pada jumlah baris sisik yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis lainnya, yaitu 7 – 8 baris. Ukuran sisiknya lebih kecil dan jika terkena lampu, sisiknya akan memantulkan cahaya yang indah selayaknya mutiara.

Masih banyak jenis ikan Arwana lainnya yang ada di dunia. Breeders hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan membeli dan merawat ikan ini. Team Jalur Ikan kembali mengingatkan untuk berhati – hati membeli ikan – ikan jenis langka, agar tidak menyesal di kemudian hari.