gurame ikan hias

Cara Memelihara Ikan Gurame Hias Agar Cepat Tumbuh Sebar

Cara Memelihara Ikan Gurame Hias Agar Cepat Tumbuh Sebar – Ikan gurame merupakan jenis ikan yang cukup familiar di Indonesia, selain memiliki rasa yang enak, ia juga memiliki bentuk tubuh yang cantik. Karena itu tidak jarang ia dipelihara sebagai ikan hias, terlebih jika jenisnya memiliki sisik yang indah.

Apabila Anda hendak merawat ikan ini, Anda bisa mengikuti panduan terkait dengan pemeliharaan dan merawat gurame hias. Tidak hanya dari pemilihan benih saja, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai makanan yang direkomendasikan dan tekhnik merawatnya dengan benar.

Tentang Ikan Gurame Hias

Dulunya gurame merupakan ikan yang habitatnya banyak ditemukan di Sumatera, Sunda, hingga daeraj Kalimantan dan perairan Jawa yang lain. Kini Anda bisa menemukan gurame dimana saja, dari Asia Tenggara hingga Asia Selatan. Habitat aslinya berasal di sungai, rawa, hingga air payau dengan air yang memiliki banyak tanaman.

Walaupun ikan ini memiliki ukuran yang besar, bukan berarti makanannya bisa sembarangan. Ikan gurame hias atau gurame konsumsi hanya memakan tanaman. Gurame juga bisa bernapas di tanah yang lembab, sehingga mereka bisa bertahan hidup di tempat yang sedikit air dengan durasi yang lebih panjang.

Untuk jenis ikan hias, warna yang terdapat di sisiknya cukup bervariasi, mulai dari warna kuning emas hingga kuning pucat. Terdapat pula garis biru mudah keperakan, yang mebuatnya terlihat lebih menarik dibandingkan jenis ikan kebanyakan.

Baca Juga :  Ikan Koi, Fengshui dan Peluang Bisnis

Jenis Ikan Gurame Hias yang Ada di Indonesia

1. Gurame Dwarf

gurame dwarf
Merupakan gurame yang memiliki warna merah terang dengan garis biru di sekujur tubuhnya. Ukuran garis tersebut serupa dengan warna merah yang ada di sekujur tubuhnya, sehingga memberikan pola yang unik.

Pada bagian sirip atas, warna biru menjadi lebih dominan dibandingkan dengan warna merahnya. Ukurannya bervariasi, ada yang kecil dan besar, ia juga cocok untuk dikembangkan di akuarium berukuran seang.

2. Gurame Neon Dwarf

Gurame Neon Dwarf
Selanjutnya adalah ikan gurame hias jenis neon dwarf, yang memiliki corak biru dan merah. Berbeda dengan gurame sebelumnya, warna biru pada ikan ini jauh lebih dominan, sehingga menghasilkan warna metalik yang cantik.

Warna biru yang terdapat pada ikan ini berbeda dengan warna biru biasanya, lebih ke warna biru perak yang menarik. Anda bisa mendapatkan ikan ini dengan melakukan pembelian di toko ikan yang tersedia di kota terdekat Anda.

3. Gurame Metallic Blue Dwarf

Ikan Gurame Hias Mettalic Blue
Jenis yang satu ini memiliki warna silver metalik, yang membuatnya terlihat berbeda dengan jenis gurame kebanyakan. Warna tersebut membuatnya lebih mudah melakukan kamuflase di habitat aslinya, sehingga tidak mudah dimakan pemangsa.

Ukuran gurame ini sedang, bahkan cenderung lebih kecil dibandingkan dengan gurame hias pada umumnya. Di bagian ujung sirip ikan ini, terdapat warna oranye yang terang, membuatnya berbeda dengan ikan lain dengan warna yang serupa.

4. Gurame Honey Dwarf

Gurame Honey Dwarf
Masih dalam kategori ikan hias gurame berukuran kecil, Anda bisa memilih honey dwarf gurame yang memiliki warna cukup cantik. Seluruh tubuh dan sisik ikan ini berwarna merah muda keunguan, membuatnya cocok dipelihara di akuarium.

Karena memiliki warna yang menarik, harga ikan gurame ini tentu lebih mahal dibandingkan gurame kebanyakan. Ia sering dikoleksi oleh kolektor ikan hias, yang menginginkan ikan dengan warna terang dan mencolok.

Baca Juga :  Pesona Arwana, Si Raja Ikan Hias yang Membawa Keberuntungan

5. Golden Giant Gurame

Ikan Gurame hias Golden giant
Apabila Anda ingin ikan gurame yang memiliki corak menarik, maka gurame jenis ini merupakna ikan yang tepat untuk Anda. Tubuhnya berwarna merah muda cantik, namun di bagian sisiknya terdapat bulatan merah mudah tebal seperti corak.

Corak tersebut berbentuk bulatan-bulatan seperti mutiara, membuatnya berbeda dibandingkan kebanyakan gurame yang memiliki corak garis. Secara fisik, ukuran ikan ini juga lebih kecil dibandingkan gurame kebanyakan, ujung moncongnya juga lebih tajam, membuatnya mudah dikenali.

Memelihara Ikan Gurame di Akuarium

Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan gurame hias di akuarium, jangan khawatir, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar gurame tetap hidup dan bisa berkembang dengan baik.

a. Jaga Suhu

Ingat untuk menjaga suhu akuarium berada di sekitar angka 22-26 derajat celcius, jangan lebih tinggi atau lebih rendah. Suhu air yang tidak stabil akan membuat ikan mudah stress, apalagi gurame merupakan ikan yang cukup sensitif. Selain suhu akuarium, Anda juga harus memperhatikan pH air.

Untuk gurame, pH yang disarankan adalah 6 sampai 7,5 karena pH tersebut sesuai dengan pH yang ada di habitat aslinya. Jaga pula agar air tetap bersih dengan jumlah yang seimbang, dengan begitu ikan bisa berenang dengan lebih leluasa.

b. Teman untuk Gurame Hias

Rasanya tidak menarik jika hanya meletakkan gurame hias saja di dalam akuarium, apalagi jika Anda hanya memiliki satu jenis. Jika Anda berniat untuk menambah teman untuk gurame, sebaiknya pilih ikan siklid. Ukuran mereka yang lebih besar akan membuat ikan gurame hias tidak memandang mereka sebagai makanan.

Ketika masih kecil, ikan ini mudah sekali bertengkar, namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena seiring ikan tumbuh dewasa, ia akan makin tenang dan pendiam. Namun pastikan ikan jantan gurame tidak bertemu dengan ikan yang serupa, karena ia akan menunjukkan sikap yang agresif.

Baca Juga :  Ikan Hias Gabus Yang Sedang Populer dan Banyak Dipelihara Dirumah

c. Makanan untuk Ikan Gurame

Seperti yang telah ditekankan sebelumnya, ikan gurame memakan tumbuhan sebagai konsumi utama. Anda bisa memberikan tumbuhan seperti ia makan di habitat aslinya, namun sebaiknya selingi dengan serangga kecil agar nutrisinya tetap terpenuhi.

Selain serangga kecil, ia juga akan memakan cacing berukuran kecil atau cacing sutra. Anda juga bisa memberikan pelet agar lebih praktis, terutama karena ikan gurame merupakan ikan yang rakus. Berikan jadwal yang teratur untuk ikan, sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan energi untuk bermain dan tumbuh besar.

d. Pembiakan Ikan Gurame

Anda bisa mengembang biakkan ikan gurame hias di akuarium dengan ukuran yang besar, namun pastikan terdapat tumbuhan untuk bermain, meletakkan telur, dan bersembunyi dari gurame yang lain.

Ikan gurame biasanya mencari sendiri pasangannya, membuat sarang, lalu melakukan pembiakan. Karena itu, butuh akuarium yang besar jika Anda hendak melakukan pemijahan antara gurame jantan dan betina.

Setelah melakukan pembiakan, gurame akan meletakkan telurnya ke dalam sarang yang telah dibangun, dan menunggunya sampai menetas. Setelah telur menetas, maka ikan gurame akan menjaganya sampau besar. Inilah alasan mengapa Anda memerlukan akuarium dengan banyak tanaman sebagai tempat untuk bersembunyi anak-anaknya.

Itulah langkah yang tepat untuk mengembangkan ikan gurame hias, baik dari pembiakan hingga pemberian makan. Ketika memilih gurame jenis hias, pastikan Anda sudah menyiapkan berbagai peralatan pembiakan, dari pakan, akuarium, hingga penyarinng air. Langkah tersebut merupakan langkah penting agar ikan tidak mudah stress dan bisa beradaptasi dengan cepat.