Ikan Gurameh

Ikan Gurame : Ikan untuk konsumsi atau ikan hias?

Ikan Gurame / Ikan Gurami menjadi salah satu bahan makanan yang digemari oleh pecinta kuliner, baik ikan bakar, asem manis maupun ikan goreng. Apalagi jika disajikan dengan lalapan dan sambal, langsung menggugah selera makan. In fact, ikan yang biasanya kita konsumsi ini, juga dapat dijadikan sebagai ikan hias lho. Beneran tidak ya? Kenalan lebih dekat dengan ikan Gurami bareng Jalur Ikan, yuk.

NAMA dan PERSEBARAN Ikan Gurame

Ikan Gurame/Ikan Gurami yang memiliki nama Latin Osphronemus goramy, merupakan ikan air tawar yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini persebarannya sudah mencangkup negara – negara Asia dan Australia. Ikan ini memiliki nama lokal yang cukup unik, seperti :

  • Gurame (Sunda)
  • Grameh (Jawa
  • Kaloi (Melayu
  • Ikan Kali (Palembang)

Nah, tidak perlu ada perdebatan lagi ya mengenai penyebutan Gurami atau Gurame atau Grameh. However, nama – nama tersebut sudah diakui.

Perbedaan Ikan Gurame Jantan dan Betina

Bagi calon peternak Gurame, tentunya penting sekali untuk mengetahui perbedaan antara Gurami jantan dan betina. Hal ini berkaitan dengan proses perkembangbiakan ikan Gurami untuk menghasilkan bibit yang berkualitas.

  • Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh ikan jantan lebih ramping, sedangkan ikan betina memiliki bentuk tubuh yang bulat karena terdapat kantung rahim. Sisik ikan jantan tersusun rapi, berbeda dengan ikan betina yang terbuka.

  • Pergerakan

Ikan jantan lincah bergerak dengan tubuh rampingnya dan agresif. Ikan betina mendapat tekanan lebih berat ketika bergerak dengan tubuh bulatnya, sehingga pergerakannya lebih lambat.

  • Warna
Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Sirip ikan jantan berwarna kehitaman, sedangkan ikan betina berwarna putih atau krem.

MANFAAT IKAN GURAME

Manfaat ikan Gurami bukan kaleng – kaleng. Selain memiliki kandungan merkuri yang rendah sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, berikut ini beberapa manfaat Gurami lainnya :

  • Kandungan Protein

Kandungan proteinnya bisa mencapai 19% lebih tinggi dari ikan nila, ikan mas, maupun lele. Protein digunakan untuk membantu pembekuan darah ketika terjadi luka dengan kandungan tromboplastinnya. Kandungan fibrinogennya untuk mengganti jaringan baru terhadap bagian tubuh yang luka. Perpaduan keduanya yang terdapat di dalam protein dapat membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, protein yang tinggi dapat membantu pertumbuhan otot.

  • Omega 3

Omega 3 ini berfungsi untuk membantu perkembangan otak, terutama bagi anak – anak. Menurut penelitian, anak – anak yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 akan tumbuh lebih cerdas dan memiliki daya ingat yang kuat.

  • Sumber Energi

Asam aminonya membantu untuk mengembalikan energi dari tubuh yang rusak.

  • Vitamin

Kandungan vitamin A untuk kesehatan mata dan vitamin B dapat membantu mencegah rambut rontok.

JENIS – JENIS IKAN GURAME/GURAMI KONSUMSI

Ikan Gurame
Photo : https://www.pertanianku.com/mengenal-ikan-gurami-soang/
  1. Gurame Soang

Nama lainnya adalah Gurami Angsa karena bentuknya seperti angsa dengan dahi yang menonjol. Asalnya dari Ciamis, Jawa Barat dan memiliki produktivitas telur 3000 – 5000 sekali bertelur.

Ikan Gurame
Photo : Pinterest
  1. Gurame Padang

Jenis gurami dari Padang ini memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan Gurami Soang. Produktivitas bertelurnya juga lebih sedikit, hanya sekitar 500 – 3000 butir setiap kali bertelur. Namun, jenis ini memiliki keunikan. Pada saat kecil, Gurami Padang memiliki warna kuning kemerahan, semakin dewasa, maka warnanya semakin memudar. Hanya tersisa warna kuning pucat, warna merahnya menghilang.

Baca Juga :  Cara Memelihara Ikan Gurame Hias Agar Cepat Tumbuh Sebar
Ikan Gurame
Photo : Talitakum Indonesia
  1. Gurame Porselin

Termasuk ke dalam jenis gurami putih sama seperti Gurami Padang. Produktivitasnya telurnya tinggi, hingga mencapai 10.000. Wah, cocok banget untuk dijadikan pembibitan.

Ikan Gurame
Photo : Flora dan Fauna
  1. Gurame Bastar

Ikan ini memiliki habitat asli di sungai, rawa dan air payau. Tubuhnya berwarna abu – abu kehitaman. Produktivitas telurnya relatif sedikit, hanya sekitar 2000 – 3000 sekali bertelur. Namun, keunggulannya adalah mudah dibudidayakan dan beratnya bisa mencapai 3 kg.

Photo : Talitakum Indonesia
  1. Gurame Jepun

Bukan Jepang, jenis ini ternyata berasal dari Purworkerto, Jawa Tengah. Tubuh bagian atasnya berwarna hitam pekat, tapi di bagian bawahnya berwarna putih. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari Gurami Soang, dengan produktivitas telur seperti Gurami Bastar, yakni 2000 – 3000 sekali bertelur.

JENIS – JENIS GURAME HIAS

Bredeers yang belum tahu jika Gurami dapat juga dijadikan ikan hias, wajib menyimak beberapa ikan gurami hias berikut ini :

Photo : YouTube
  1. Darf Gurami (Colisa lalia)

Ikan ini berasal dari India dan Pakistan dengan habitat danau atau air sungai yang tenang. Jika ingin memeliharanya, letakkan di ruang yang tenang dengan tambahan tanaman di dalam akuarium agar terasa seperti habitat aslinya. Ikan yang disebut juga sebagai Gurami Kerdil atau Gurami Mini, cocok dipelihara bersama dengan ikan Guppy.

Photo : Pinterest
  1. Sparkling Gourami

Ikan ini berasal dari Thailand, Laos, Vietnam dan Indonesia. Habitatnya di perairan tropis dengan suhu yang hangat. Jika ingin memeliharanya, pastikan suhu air di antara 25 – 28℃. Ikan mudah beradaptasi dengan tempat baru dan toleran dengan perubahan. Namun, ada baiknya tetap menjaga suasana akuarium menyerupai habitat aslinya.

Photo : Pinterest
  1. Silver Gourami

Ikan ini juga disebut Moonlight Gourami dan habitat aslinya di rawa – rawa dan dataran rendah lahan basah. Berwarna perak mengkilat dengan bagian perut terdapat sirip panjang yang berfungsi sebagai antenna.

Baca Juga :  Panduan Memelihara Ikan Discus, Pemula Wajib Tahu
Photo : Wikipedia
  1. Ikan Gurame Madu

Jenis ini ditemukan di danau dan sungai di Bangladesh dan India. Tubuhnya lebih kecil dari Silver Gourami dengan maksimal pertumbuhan 7 cm.

Ada masih banyak lagi jenis ikan Gurami untuk konsumsi maupun Gurami Hias. Informasi di atas semoga dapat menjadi wawasan baru bagi Bredeers untuk menentukan ikan Gurami mana yang ingin dibudidayakan/pelihara. Keduanya memiliki prospek yang bagus dan pemeliharaan yang mudah. Saran dari Jalur Ikan : percaya dengan pilihanmu dan tekuni hingga tidak ada kata gagal di dalam kamusmu.