Akuarium Air Laut

12 Ikan Hias Air Laut Yang Cocok Untuk Pemula

Ikan Hias Air Laut termasuk salah satu jenis hewan yang juga banyak dipelihara di akuarium, Memelihara ikan hias air asin ini memiliki keunikan tersendiri karena disini anda bukan hanya bisa melihat ikannya saja melainkan. Anda juga bisa memadukan Ikan hias dengan berbagai jenis biota laut yang bisa ditempatkan di aquarium anda. Seperti karang laut dan tanaman laut lainnya yang bisa mempercantik suasana akuarium anda.

Sebelum kita memelihara ikan hias air laut kita harus mengenal terlebih dahulu bahwa ikan air asin tidak bisa kita tempatkan dalam habitat air tawar. Dan untuk perawatannya sih menurut admin kalian harus paham betul mengenai biota laut, karena kalau sampai tidak. Bisa bisa ikan anda mengalami stress.

Oleh karena itu buat kalian yang memang ingin menambahkan akuarium dengan ikan hias baik itu dalam bentu ukuran kecil maupun besar untuk hiasan ruang anda. Maka anda harus mengikuti hal-hal yang kami bahas dibawah ini

Cara Merawat Ikan Hias Air Laut di Akuarium

Karang Akuarium

1. Ekosistem Ikan hias air laut

Yang namanya akuarium air laut pastinya memiliki ekosistem yang berbeda dengan ekosistem air tawar. Jika pada umumnya di ekosistem ikan hias air tawar bisa kita gunakan polosan akurium dan bermodalkan filter. Beda dengan ikan hias air laut yang terbagi menjadi ekosistem FOWLR atau yang dikenal sebagai Fish Only With Live Rock yang terdiri dari batu dan ikan hias, Terumbu karang, Kuda laut, Terumbu karang air dingin, dan berbagai jenis ekosistem lainnya yang bisa anda gunakan untuk pelihara.

Ekosistem FOWLR menjadikan ikan hias air laut sebagai salah satu elemen utama tanpa harus menggunakan koral. Akan tetapi kamu juga menggunakan koral buatan yang bertujuan untuk menghiasi aquarium menjadi lebih cantik dan membuat ikan-ikan hias air laut menjadi lebih betah hidup di aquarium air laut milikmu.

Baca Juga :  Ketahui Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Untuk pemula kami menyarankan anda untuk menggunakan koral yang lebih mudah beradaptasi dengan berbagai jenis kondisi yang terdapat dalam akuarium anda sepeti soft corals, leather corals dan mushrooms corals.

2. Ukuran Akuarium

Akuarium Air Laut

Langkah kedua yang harus anda pahami adalah memilih ukuran akuarium untuk ikan hias anda. Admin menyarankan untuk langsung memilih aquarium dengan ukuran sedang karena akuarium air laut dengan ukuran yang kecil malah rentan terhadap berbagai jenis masalah.

Dengan menggunakan ukuran akuariaum yang edang ini bisa membuat kamu memiliki cukup ruang untuk memperbaiki perawatan ataupun untuk menghiasi yang jauh lebih mudah dan gampang jika anda memilih akuarium yang kecil.

3. Filter

Filter merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh para pemilik ikan hias, sebab filter ini berguna untuk menyaring berbagai jenis kotoran yang bisa membahayakan ekosistem pada akuarium anda.

4. Sistem Pencahayaan

Sistem pencahayaan ini bisa anda pakai jika anda memiliki koral ataupun tumbuhan yang terdapat dalam akuarium anda, karena koral dan tanaman air membutuhkan yang namanya cahaya yang cukup untuk bisa tumbuh dengan bagus.

5 Koral

Koral merupakan salah satu jenis ornamen yang sangat membuat akuarium kita berbeda dengan akuarium air tawar. Karena pada umumnya jika di aquarium anda terdapat koral maka sudah dipastikan bahwa anda memelihara ikan laut. Selain itu ada koral juga berguna untuk penyaring kotoran ikan hias anda.

6. Ikan Hias Air Laut

Setelah mengenal semua langkah-langkah diatas maka kita masuk jenis ikan hias air laut apakah yang anda ingin pelihara.

Kalian juga harus tahu bahwa tidak semua ikan air laut itu bisa digabung. Sama halnya dengan ikan hias air tawar ada yang bersifat teritorial ada yang berkelompok. Oleh karena itu yuk kita bahas jenis ikan hias air laut yang cocok dijadikan sebagai ikan hias di akuarium anda.

Baca Juga :  Jenis Jenis Ikan Hias Yang Banyak Digemari Oleh Para Masyarakat

Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

Berikut ini 12 Jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk dipelihara bagi pemula

1. Clown Fish

Ikan Badut
Siapa yang tidak mengenal jenis ikan hias air laut ini yang sudah sangat mendunia. Yah betul sekali ikan nemo atau yang disebut sebagai ikan badut ini pasti sudah sering anda lihat di film animasi kartun. Untuk memelihara ikan ini bisa dibilang cukup mudah, karena yang perlu anda butuhkan yakni terumbu karang agar ikan tersebut bisa hidup dengan nyaman.

2. Lion Fish

Ikan Hiar Air Laut Lionfish
Lion fish pasti juga sering kalian lihat, ikan ini identik dengan duri-duri yang memiliki berbagai jenis warna serta motif yang unik. Oleh karena itu keseraman dari ikan ini menjadi sebuah kecantikan tersendiri bagi penikmatnya. Untuk memelihara ikan hias ini kalian harus tahu terlebih dahulu karena ikan ini bisa memakan ikan hias anda.

3. Butterfly Fish

Ikan Hiar Air Laut Butterfly fish
Jenis ikan hias air laut ini memiliki corak yang cantik seperti kupu-kupu oleh karena itu ikan ini disebut sebagai butterfly fish. Ikan ini sangat cocok untuk dipelihara oleh para pemula karena mudah dirawat. Di Indonesia ikan ini dijulukin sebagai ikan kepe-kepe. Lucu bukan?

4. Dottyback

dotyback
Ikan hias air asin Dottyback dikenal sebagai ikan yang tinggal di perairan daerah tropis. Ikan ini bisa anda gabungkan dengan ikan badut selain itu ikan ini juga kami rekomendasikan buat anda yang memelihara

5. Blue Tang

Ikan Dory
Jenis ikan hias laut ini tidak cukup terkenal jika sebutannya ikan botana blue tang, akan tetapi jika kami menyebutkan ikan dory pasti kalian sudah pada tahu. Ikan yang memiliki warna biru yang menemani ikan badut di sebuah film finding nemo. Sesuai dengan filmnya ikan ini bisa anda gabung dengan ikan badut.

6. Yellow Tang

Yellow Tang
Yelow Tang merupakan ikan hias laut yang aktif dan hidup dalam berkelompok, jadi bisa dibilang bahwa ikan ini bisa friendly dengan ikan yang seukuran dengannya. Selain itu ikan hias ini mudah dipelihara sehingga cocok buat pemula

8. Watchman Goby

Watchman Goby
Watchman Goby merupakan ikan yang mempunyai daya tahan tubuh yang baik sehingga cocok untuk dipelihara oleh para pemula. Selain itu ikan hias laut ini memiliki daya tarik dibagian tubuhnya dengan warna pink spotted dan blue spotted.

Baca Juga :  Ikan Gurame : Ikan untuk konsumsi atau ikan hias?

9. Doctor Fish

Ikan hias air laut Doctor Fish
Jika kita dengar dari namanya. Doctor fish memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan ikan anda yang sedang terserang jamur di akuarium milikmu. Selain bisa bermanfaat ikan ini juga memiliki warna yang cukup menarik selain itu ikan ini dikenal ramah dan bisa anda tempatkan dengan ikan hias lainnya.

10. Blue Devil

Ikan hias air laut Blue Devil
Ikan Blue Devil termasuk salah satu ikan hias air asin yang mudah dipelihara namun kami menyarankan untuk dipelihara di wadah akuarium yang berukuran besar lengkap dengan ornamen karang karena habitat asli dari ikan Blue Devil ini hidup berada di dasar laut rendah yang berkarang.

Yang menjadi daya tarik utama ikan air laut ini adalah karena memiliki warna biru dengan corak bintik putih

11. Mandarin Fish

Ikan hias air laut Mandarin Fish
Ikan mandarin merupakan ikan hias kecil dengan warna cerah. Ikan ini banyak diminati karena memiliki bentuk serta warna yang indah dan ikan ini biasa dijuluki sebagai Naga cina. Ikan ini juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat, namun ikan ini bisa memangsa jenis ikan yang lebih kecil dibandingkan ukurang tubuhnya oleh karena itu kalian harus memperhatikan teman akuarium untuk Mandarin Fish ini.

12. Firefish

Ikan hias air laut firefish
Firefish merupakan ikan hias aquarium air laut yang paling banyak diburu karena makanan utama dari ikan ini adalah alga dan zooplankton. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang lincah dan aktif, dengan memiliki tubuh yang imut serta warna yang mencolok menjadi nilai positif bagi para pecinta ikan hias. Selain itu ikan ini bisa kalian gabung dengan jenis ikan yang tidak bersifat teritorial dengan ikan lainnya.

Berikut adalah beberapa Jenis ikan hias air laut yang cocok bagi pemula untuk dipelihara. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua yang baru saja ingin memelihara ikan hias laut di akuarium. Nantikan artikel kami selanjutnya hanya di jalurikan.com