Ikan Hias Gabus

Ikan Hias Gabus Yang Sedang Populer dan Banyak Dipelihara Dirumah

Ikan bernama latin Channa striatus menjadi jenis ikan yang banyak digandrungi masyarakat. Selain memiliki nilai gizi yang tinggi, ikan gabus juga banyak digemari untuk dijadikan ikan hias. Ikan gabus hias merupakan jenis ikan yang hidup di rawa. Banyaknya rawa di Indonesia menyebabkan ikan ini banyak dicari, berikut ini merupakan jenis ikan gabus yang banyak dijumpai:

Jenis Ikan Hias Gabus

Micropeltes

Ikan gabus Micropeltes
Ikan gabus yang satu ini memiliki tubuh yang besar, panjang tubuhnya dapat mencapai 1,3 meter, lho. Ciri-ciri dari ikan hias gabus jenis ini adalah tubuh yang memiliki corak loreng menyerupai harimau. Jika kamu ingin memelihara ikan gabus ini, siapkan aquarium yang besar supaya ikan hias ini dapat tumbuh dan bergerak dengan bebas.

Ikan Hias Gabus Channa barca

Channa Barca
Ikan gabus jenis ini memiliki ciri tubuh yang sangat khas, yaitu sirip yang melebar ke atas. Hal ini yang menjadikan ikan gabus hias jenis ini banyak dicari. Panjang tubuh ikan gabus jenis barca tidak sebesar micropeltes, yaitu sekitar 90 cm.

Auranti

channa auranti
Dari segi penampilan, ikan ini lebih mirip dengan jenis ikan barca. Namun jenis ikan gabus auranti memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 40 cm.

Pleuro

ikan gabus channa pleuro
Ikan gabus jenis ini memiliki perpaduan warna yang unik yaitu biru muda dan memiliki bercak hitam di bagian tengah tubuhnya. Warna yang cantik menjadikan banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Selain itu, ukuran tubuhnya juga tidak terlalu besar, yaitu sekitar 40 cm, sehingga tidak memerlukan banyak tempat dalam proses pemeliharaannya.

Baca Juga :  Mandarin Fish : Ikon Pariwisata Dunia yang hobi bermain petak umpet

Bankanensis

Channa bankanensis
Ikan gabus jenis bankanensis memiliki ciri khas yaitu bercak hitam yang hampir menyatu pada bagian tubuhnya. Bentuk tubuh ikan gabus jenis bankanensis yaitu memanjang dan berwarna coklat.

Itulah beberapa jenis dari ikan gabus . Dengan jenis dan ciri-ciri yang berbeda kita dapat mengetahui bahwa ikan gabus menjadi ikan yang sangat beragam bentuk dan warnanya. Karena alasan itulah ikan gabus yang banyak dicari.

Perawatan Ikan Hias Gabus

Banyak orang mengira jika ikan gabus hias rumit perawatannya, padahal jika kita mengetahui cara merawatnya, ikan jenis ini termasuk mudah dalam proses perawatan. Berikut ini merupakan cara perawatan ikan gabus:

Pemberian nutrisi

Setiap makhluk hidup pasti memerlukan asupan nutrisi makanan. Kamu harus rutin memberi makan ikan gabus supaya dapat tumbuh dengan baik. Diantara nutrisi yang baik adalah: ikan kecil, cacing, atau udang. Pemberian nutrisi berupa protein dan lemak secara teratur akan membuat ikan chana tumbuh dengan baik dan sehat.

Besar aquarium

Sesuaikan besar aquarium dengan jenis ikan hias. Buat aquarium seperti habitat asli. Ikan gabus hias menyukai arus air yang tenang dan tumbuhan yang lebat. Untuk itu, buatlah aquarium yang mirip dengan habitat aslinya.

Single tank

Ikan Channa
Ikan gabus merupakan jenis ikan yang agresif apabila tumbuh dewasa. Seiring bertambah usia, ikan ini akan menunjukkan sifat aslinnya. Untuk itu lebih baik meletakkan ikan gabus dengan single tank.

Dekorasi aquarium

Dekorasi aquarium tidak hanya berguna sebagai keindahan, tetapi dapat sangat berpengaruh terhadap ikan gabus. Ikan gabus akan merasa seperti hidup di habitat aslinya.

Background aquarium

Sebagai ikan hias, aquarium juga perlu diberikan gambar yang indah untuk menambah unsur estetika. Beri background dengan warna yang gelap untuk memberikan suasana seperti habitat aslinya. Jika itu terlalu gelap, kamu bisa menambah lampu agar sedikit terang.

Baca Juga :  Clown Fish, ikan Nemo yang unik

Harga Ikan Hias Gabus

Ikan hias gabus atau biasa disebut ikan channa merupakan jenis ikan hias yang banyak dicari karena keindahannya. Kualitas dan keindahan akan menambah nilai jual dari ikan ini. Berikut ini merupakan beberapa harga jual ikan gabus /ikan channa:

Ikan Gabus Channa Toman

Ikan gabus Micropeltes
Ikan predator ini memiliki gigi yang tajam. Ukurannya dapat mencapai 130cm. Dipasaran ikan ini dapat dijual seharga 350 ribu rupiah.

Ikan Gabus Channa maru yellow sentarum

Channa Yellow Sentarum
Sesuai dengan namannya, Channa maru yellow santrum ini memiliki warna kuning. Panjangnya dapat mencapai 100 cm. Ikan ini dapat dijual seharga 300 ribu rupiah.

Channa andrao india

ikan gabus andrao
Ikan jenis andrao ini memiliki warna merah. Ikan ini termasuk ikan gabus terkecil karena dapat tumbuh hingga 11 cm saja. Ikan ini dapat dijual seharga 200 ribu rupiah.

Ikan Gabus Channa asiatica

Channa asiatica
Ikan ini memiliki warn asli hitam, abu-abu, coklat dan memiliki bintik di tubuhnya. Harga dari ikan gabus ini mencapai 300 ribu rupiah.
Itulah beberapa harga dari ikan gabus atau ikan channa. Perlu diketahui jika harga ikan gabus tidak sama pada setiap daerah, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mencari tahu harga asli, kamu perlu bertanya ke pasar hewan setempat. Banyak orang yang rela merogoh kocek demi membeli ikan hias channa. Berikut ini merupakan keunggulan ikan gabus / ikan chana:

Sebagai hiasan

Bentuk yang unik membuat ikan ini digunakan sebagai hiasan. Kamu dapat menaruhnya di ruang tamu untuk membuat ruang tamu menjadi lebih hidup.

Menguntungkan

Harga ikan gabus hias dapat melonjak tinggi apabila ikan ini memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu dengan perawatan yang maksimal akan membuat kualitas ikan hias yang unggul sehingga dapat diperjual belikan dengan harga yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Itulah beberapa daftar harga dan keunggulan dari memelihara ikan gabus. Jika kamu pecinta ikan hias, ikan gabus cocok menjadi pilihan untukmu dan buat kalian yang ingin melakukan budidaya ikan gabus kalian bisa bisa melihat artikel kami mengenai topik tersebut.