Ikan Koki

6 Hal tentang Ikan Koki, si Ikan Hias yang Unik

Ikan Koki merupakan ikan hias yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan ikan hias lainnya. Ikan Koki masih memiliki hubungan kekerabatan dengan ikan Mas yang didomestikasi (proses penjinakkan dari kehidupan alam liar untuk beradaptasi dengan kehidupan manusia sehari – hari) di China sejak ratusan tahun yang lalu.

1. TAKSONOMI IKAN KOKI

Ikan Koki memiliki sistematika berdasarkan ilmu taksonomi dijelaskan sebagai berikut :

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cypriniformes

Subordo : Cyprinoidea

Famili : Cyprinidae

Genus : Carassius

Spesies : Carassius auratus

2. MORFOLOGI

a. Ikan Koki memiliki mata lebar dan tidak dapat menutup karena iris mata. Ikan Koki memiliki jarak pandang yang terbatas, sehingga untuk mencari makanan harus mengandalkan penciumannya.

b. Memiliki jaringan daging yang menebal di bagian kepala dan pipi (khusus jenis Oranda dan Ranchu). Hal ini membuat ikan Koki terlihat eye catching dan lucu.

c. Siripnya lengkap, yaitu : sirip punggung, sirip perut, sirip dada, sirip ekor dan sirip dubur.

d. Bentuk badannya pendek dan gemuk. Panjang maksimal hanya 58,42 cm dengan berat maksimal 4,5 kg.

e. Sirip dada terdapat bintik – bintik yang menonjol, pada ikan jantan terasa kasar, sedangkan pada ikan betina terasa halus jika diraba.

f. Warna tubuh ikan jantan lebih cerah daripada ikan betina.

g. Apabila diletakkan di tempat yang gelap terus menerus, maka warna tubuhnya akan pudar.

h. Induk jantan yang telah matang gonad bila diurut pada perut hingga pada lubang urogenital akan mengeluarkan cairan berwarna putih yang disebut dengan sperma.

i. Induk betina yang sudah matang gonad bila diurut dibagian perut hingga lubang urogenital akan mengeluarkan cairan berwarna kuning yang disebut dengan sel telur.

Baca Juga :  Mandarin Fish : Ikon Pariwisata Dunia yang hobi bermain petak umpet

3. HABITAT

Ikan Koki dapat hidup di perairan tawar dengan pH air 6 – 7 dengan suhu 25 – 32 ℃. Biasanya ikan Koki dipelihara di dalam akuarium yang luasnya disesuaikan dengan ruang gerak ikan Koki.

4. JENIS IKAN KOKI

Photo by Migs Reyes from Pexels

a. Oranda

Ikan Koki Oranda memiliki bentuk kepala yang unik dengan benjolan berwarna merah di atasnya. Benjolan ini disebut wen. Tubuhnya memiliki warna bervariasi, namun rata – rata berwarna putih bersih. Ekornya seperti rumbai panjang berjumlah empat, ukurannya melebihi panjang tubuh.

Photo : https://pin.it/A1l32tG

b. Ranchu

Merupakan hasil percobaan perkawinan silang Lionhead China. Ranchu tidak memiliki sirip di bagian punggungnya.

Photo : https://pin.it/3IIcf6a

c. Lionhead

Ikan ini mirip dengan Oranda, memiliki kepala yang membesar seperti singa. Perutnya menggelembung.

Photo : https://pin.it/6sJEQ43

d. Fancy Panda

Seperti halnya Panda, ikan ini memiliki warna hitam dan putih. Matanya menonjol keluar dengan perut yang menggelembung. Ikan jenis ini tergolong langka di pasaran.

Ikan Koki
Photo : https://pin.it/4teP71s

e. Black Moor

Warna hitam mendominasi seluruh tubuhnya. Panjang tubuhnya dapat mencapai 15 cm. Matanya besar dan menonjol seperti teleskop, sehingga ikan ini juga kadang disebut ikan teleskop hitam, karena ada juga varian yang berwarna putih.

Masih ada banyak jenis ikan Koki lainnya. Varian yang bermacam – macam dengan keunikan masing – masing membuat kita memiliki banyak pilihan.

5. MAKANAN

Makanan ikan Koki dapat bersifat alami maupun buatan. Untuk makanan alami, antara lain :

a. Cacing

Baik cacing sutera maupun cacing darah dapat menjadi makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas ikan. Cacing sutera dapat membuat warna ikan menjadi menarik, merangsang pertumbuhan jambul di kepala dan membuat tubuh ikan lebih halus. Cacing darah mengandung lemak dan protein yang membantu pertumbuhan ikan lebih cepat.

Baca Juga :  Ikan Gurame : Ikan untuk konsumsi atau ikan hias?

b. Jentik Nyamuk

Selain murah, jentik nyamuk juga disukai ikan Koki.

Makanan olahan (buatan) yang paling umum digunakan adalah pelet. ada beberapa merk pelet yang dapat menjadi bahan pertimbangan, Breeders, yaitu Sakura, Agaru dan Hikari Lionhead. Pelet ini digunakan untuk menambah gizi ikan yang tidak didapatkan dari makanan alami. Pemberian makanan cukup satu kali dalam sehari dengan komposisi 3% dari berat ikan. Makanan yang berlebihan hanya akan mengundang bakteri dan memperkeruh air.

6. PENYAKIT

Breeders, sebaiknya memperhatikan hambatan – hambatan dalam pemeliharaan ikan. Salah satu hambatan yang biasa dihadapi adalah penyakit. Khusus ikan Koki, ada beberapa penyakit yang dapat kita pelajari agar dapat mengatasi hambatan ini.

a. White Spot

Umumnya, penyakit ini menjangkit ikan baru yang mengalami stress atau hidup dalam lingkungan yang buruk. Gejalanya : munculnya bintik – bintik putih di sekujur tubuh, sirip menempel pada tubuh, terkadang lesu atau bisa juga malah bergerak dengan cepat, dan menggesekkan badannya pada dinding akuarium. Untuk mengatasinya : berikan tambahan garam secukupnya pada air akuarium dan jaga suhu air sekitar 27℃. Penting sekali untuk mengkarantina ikan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam akuarium agar ikan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan yang baru.

b. Trichondia

Trichondia hidup di tubuh ikan dan mengganggu kualitasnya. Munculnya Trichondia diakibatkan oleh tangka yang kotor. Untuk mengatasinya, Breeders dapat menggunakan Minnfinn. Sesuaikan takaran dengan luas akuarium.

c. Cloudy Eyes

Mata ikan Koki yang selalu terbuka, rentan terhadap penyakit ini. Jika mengalami cloudy eye, maka mata ikan akan tampak berkabut. Cara mengatasinya dengan menggunakan garam sesuai takaran 3 sendok the per 4 liter. Pastikan bahwa isi di dalam akuarium aman untuk ikan dan tidak ada benda – benda yang dapat melukai ikan.

Baca Juga :  Jenis Jenis Ikan Hias Yang Banyak Digemari Oleh Para Masyarakat

Breeders, memelihara ikan Koki pada prinsipnya hampir sama dengan merawat ikan hias lainnya. Kuncinya adalah menyukai kegiatan ini dan memperhatikan setiap perkembangan ikan serta tempat pemeliharaan ikan. Jangan mudah menyerah jika mengalami kegagalan. Yuk, terus belajar bersama Jalur Ikan.