Ikan Mujair ikan air tawar konsumsi

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Yang Harus Kalian Coba

Jenis ikan air tawar konsumsi yang paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia sangatlah beragam. Selain itu juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan bervitamin, ikan juga merupakan bahan makan yang paling banyak nutrisi untuk tubuh manusia.

Habitat ikan air tawar hidup di air tawar seperti sungai dan danau dengan tingkat keasinan air kurang dari 0.05%, dan perlu anda ketahui bahwa 41 persen dari jumlah spesies ikan hidup di air tawar dan sisanya hidup di air laut.

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Berikut ini beberapa jenis ikan air tawar konsumsi yang sering diminati dan populer dikalangan masyarakat indonesia diantara lain :

Ikan Mujair

Ikan Mujair ikan air tawar konsumsi
Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Mengapa demikian? karena jenis ikan air tawar ini kaya akan fosfor dan gizi yang bagus untuk tubuh, selain itu ikan ini juga sangat cocok dioleh dengan masakan khas indonesia.

Kabarnya, asal nama mujair diberikan oleh penemunya yang bernama mujair di sungai serang pantai selatan blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Penyebaran jenis ikan air tawar ini berada di perairan Afrika dan Indonesia. Untuk mengenal ikan mujari ini bisa dilihat dari bentuk badannya yang pipih dan berwarna hitam, keabu-abuan dan kuning. Ukuran panjang maksimal ikan mujair ini bisa mencapai 40 cm.

Ikan Gurame

Ikan Gurame ikan air tawar konsumsi
Ikan gurame juga merupakan salah satu jenis ikan yang juga banyak dikonsumsi oleh banyak orang, hanya saja ikan ini bisa dibilang agak sedikit mahal jika kita bandingkan harganya dengan ikan mujair.

Ikan Gurame sendiri memiliki ciri-ciri seperti bentuk tubuh pipih dan melebar serta sisi yang lebar dan rapat. Ikan gurame terkenal dengan daging yang empuk, padat dan tebal dan ukuran duri yang besar yang berada di tengah badannya. Jadi ini sangat memudahkan kita untuk menyantap ikan ini apalagi kalo sudah digoreng dan dicampurkan dengan sambal.

Baca Juga :  Susunan Filter Kolam Koi yang Benar Beserta Fungsinya

Ikan Lele

Ikan Lele
Siapa yang tidak mengenal dengan ikan lele? Ikan yang memiliki tubuh yang licin dan tidak bersisik dan memliki 4 pasang kumis yang akan berguna sebagai peraba ketika bergerak di perairan yang minim cahaya. Ikan lele memiliki tubuh yang panjang kepala yang cukup keras, mulut yang lebar serta bola mata yang kecil. Akan tetapi jangan sampai dipatil oleh ikan air tawar ini ya karena kamu nanti bisa terluka.

Lele sangat populer di Indonesia, warung lesehan mana yang tidak menyediakan menu makanan seperti lele bakar ataupun lele goreng. Ikan lele ini bahkan bisa mudah ditemukan di pajak selain itu kalian tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk menikmati ikan ini.

Ikan Mas

Ikan Mas
Ikan mas termasuk sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar karena dengan bentuk tubuh yang tegah dan pipih dengan sisik yang normal dan sirip yang memanjang. Akan tetapi jenis ikan air tawar konsumsi ini banyak diminati karena memiliki daging dengan tekstur yang sangat lembut, kalo saya sendiri sih suka dibagian telur ikan mas yang lezat dan memiliki banyak manfaat buat tubuh kita.

Kekurangan dalam menyantap ikan mas ini adalah memiliki duri yang kecil dan halus di setiap dagingnya. Maka kalian harus lebih berhati-hati ya dalam mengonsumsi ikan ini.

Ikan Patin

Ikan Patin
Ikan ini memiliki bentuk tubuh serta daging yang mirip dengan ikan lele. Jenis ikan air tawar konsumsi ini bisa dibilang memiliki banyak vitamin yang bagus, selain itu ikan patin memiliki lemak tak jenuh mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terdapat dalam ikan ini. Ikan ini juga mengandung DHA serta kaya akan Omega 3 yang sangat cocok jika dikonsumsi oleh anak-anak serta ibu hamil dan orang tua.

Biasanya ikan patin dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sup ikan patin yang populer dan dinikmati oleh segala usia.

Ikan Nila

Ikan Nila
Jenis ikan air tawar konsumsi ini hampir sama dengan ikan mujair, ikan ini cukup populer dalam bidang konsumsi dan juga banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan nila ini ada juga yang berwarna merah loh. Buat kalian yang ingin membudidayakan ikan nila, alangkah baiknya untuk tidak mengabungkan ikan nila ini dengan ikan jenis lain karena ikan ini tergolong ikan yang agresif

Baca Juga :  Rekomendasi Pakan Untuk Lele Alternatif Agar Budidaya Lebih Sukses

Cara menikmati ikan ini bisa digoreng dan disantap dengan sambal atau juga bisa ditumis dengan bumbu yang cocok untuk lindah orang indonesia. Ikan nila juga murah untuk dikonsumsi dan memiliki sumber protein yang cukup untuk tubuh

Ikan Nilem

Ikan Nilem
Jenis ikan air tawar konsumsi ini memang belom begitu banyak terkenal dan dibudidayakan di berbagai wilayah indonesia. Meski dengan ukuran yang sangat kecil, ikan ini memiliki rasa yang sangat gurih jika kita bandingkan dengan ikan tawar konsumsi lainnya. Hal ini disebabkan daging ikan nilem banyak terdapat sodium glutamat yang dengan alami terbentuk dari pengaruh kebiasaan makan ikan ini. Makanan ikan nilem merupakan phytoplankton dan ganggang air yang banyak tumbuh

Ikan ini digemari dengan telur-telurnya karena rasanya yang lezat dan pastinya baik untuk tubuh. Akan tetapi sekarang produksinya sedikit menurun karena jarang dibudidayakan. Semenjak adanya “terapi kaki” yang menggunakan Garra rufa, ikan nilem dijadikan sebagai alternatif lain karena memiliki perilaku yang sama, yakni mengerumuni kaki yang dicelup ke dalam kolam dan memakan kulit ari kaki

Ikan Gabus

Ikan Gabus
Ikan Gabus memiliki bentuk tubuh yang cukup besar yang habitatnya hidup di kebanyakan sungai, rawa dan danau. Ikan ini memiliki ciri yang khas yakni kepalanya mirip dengan ular atau yang disebut snake head, ikan ini tergolong jenis ikan air tawar konsumsi yang mahal. Akan tetapi ikan ini sangat cocok jika diolah dengan resep khas nusantara yang pastinya enak untuk dikonsumsi. Ikan gabus ini kaya akan albumin yang merupakan salah satu jenis protein yang penting bagi tubuh kita. Jadi buat kamu yang baru siap operasi atau memiliki luka maka saya sarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus ini.

Ikan gabus mirip dengan ikan chana ikan hias air tawar yang cocok untuk dikoleksi karena memiliki sirip yang indah serta bentuh tubuh yang bagus, ikan predator ini merupakan ikan teritorial dan bisa menyerang sesama jenis.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Ikan Wader

Ikan Wader
Ikan wader merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang sudah tidak asing lagi dan sangat mudah ditemukan di perairan indonesia. Wader ini biasanya dibuat sebagai lalapan atau cemilan namun hanya bernilai secara lokal. Akan tetapi diluar negeri ikan ini mempunyai nilai yang lumayan dan cukup penting sebagai ikan hias air tawar akuarium

ikan ini memiliki berbagai jenis Warna dan bentuk tubuh. Kebanyakan ikan wader berwarna abu perak, dan pada bagian dada dan perut memiliki warna keputihan serta warna yang lebih gelap di bagian punggung.

Ikan Sidat

Ikan Sidat
Ikan ini jika kita lihat mirip dengan belut, ikan sidat ini memiliki bentuk ekor dan kepala yang lebih pipih dan melebar sedangkan untuk ikan belut memiliki ekor dan kepala yang meruncing. Ikan jenis ini termasuk salah satu jenis ikan yang sering diekspor dan memiliki nilai jual yang tinggi. Negara Sakura merupakan salah satu negara yang selalu mengimport ikan sidat dan ikan ini nantinya akan diolah menjadi unagi nigir, dimana nanti akan dipanggang dan dihidangkan dengan nasi yang dibungkus rumput laut.

Makanan ikan sidat yang disukai adalah udang-udangan dan kepiting, tetapi juga bisa makan berbagai jenis ikan air yang berukuran kecil.

Ikan Bawal

Ikan Bawal
Siapa yang tidak mengenal ikan bawal, ikan yang berbentuk tubuh seperti ikan piranha ini menjadi salah satu menu hidangan favorit untuk dikonsumsi. Ikan bawal memiliki daging yang cukup tebal serta duri yang halus terletak pada dagingnya. Jadi kalian harus lebih berhati-hati saat mengkonsumsi ikan ini dan buat kalian yang ingin menyantap jenis ikan konsumsi ini bisa dibilang harganya cukup terjangkau

Berikut beberapa informasi mengenai jenis ikan air tawar konsumsi yang bisa anda jadikan semakain makanan ataupun cemilan, semoga dengan adanya artikel berikut ini bisa memberikan informasi yang anda cari sekian dan terima kasih. Jangan lupa untuk share dan like artikel ini dan nantikan artikel selanjutnya dari kami jalurikan.com