Jenis Ikan Hias discus

Jenis Jenis Ikan Hias Yang Banyak Digemari Oleh Para Masyarakat

Jenis Jenis Ikan Hias terbagi menjadi dua kelompok yakni versi ikan hias air tawar dan ikan hias air laut, akan tetapi khusus untuk di indonesia kebanyakan penghobi ikan hias lebih banyak didominasi dengan ikan hias air tawar, karena selain mudah dan gampang. Ikan hias air tawar juga banyak jenis yang bisa dipelihara di akuarium kita dan pastinya memliki motif dan jenis yang unik-unik. Oleh karena itu kami membuat artikel ini yang berjudul jenis jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat versi JalurIkan.com Yuk kita simak

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer

Jenis Jenis Ikan Hias Ikan Cupang

Jenis ikan hias ini pastinya kalian sudah mengenalnya bukan? pada tahun lalu ikan cupang ini merupakan ikan hias yang sangat banyak digemari dan menjadi salah satu ikan paling populer bukan hanya di indonesia melainkan juga populer di negara lain seperti thailand, singapore. Dengan memiliki berbagai jenis ragam ikan cupang dengan warnanya yang memukau ini membuat kita para penghobi jenis jenis ikan hias semakin terlena akan kecantikannya. Selain itu ikan hias ini tersedia dari harga yang murah hingga mahal, jadi ini juga yang membuat salah satu faktor mengapa banyak sekali orang memelihara ikan cupang ini.

Ikan cupang termasuk salah satu ikan hias yang mudah untuk dirawat karena tidak membutuhkan tempat yang besar, dengan bermodalkan toples kue ataupun botol minuman, ikan hias ini bisa hidup, akan tetapi jangan pernah untuk menggabungkan dengan sesama jenis ikan cupang ya.

Jenis Jenis Ikan Hias Mas Koki

Jenis Ikan Hias Mas Koki
Ikan mas koki merupakan ikan hias air tawar yang termasuk sebagai salah satu ikan hias yang banyak juga dipelihara, ikan hias ini dikenal sebagai ikan rakus karena ikan ini akan terus memakan pakan yang berada di akuarium. Akan tetapi kalo untuk ikan hias, ikan ini sangat cocok sekali untuk dipelihara karena dengan bentuk tubuh yang imut dan lucu ini serta memiliki banyak jenis motif dan warna pada tubuh ikan mas koki ini semakin membuat para penghobi ikan hias semakin gemas dengan tingkah laku mereka.

Baca Juga :  6 Hal tentang Ikan Koki, si Ikan Hias yang Unik

Akan tetapi untuk memelihara ikan mas koki, tidak seperti ikan cupang yang mudah. Disini kalian harus membutuhkan akuarium yang memadai dan alat akuarium lainnya seperti filtrasi, aerator karena ikan mas koki ini bisa dibilang sebagai ikan yang gampang mati. Mengapa dibutuhkan alat filter aquarium? karena ikan mas koki juga bisa disebut sebagai ikan tukang buang kotoran, jika kotoran ini mengendap lama di aquarium anda maka bisa menyebakan air yang ditempatinya menjadi racun untuk ikan hias anda. Ikan mas koki juga memiliki banyak jenis koki loh seperti ryukin, oranda, ranchu, lionchu, red cape dan masih banyak lainnya.

Ikan Discus

Jenis Ikan Hias Discuss
Jenis Jenis ikan hias ini dikenal sebagai rajanya ikan hias aquarium (King of Aquarium) karena ikan ini sangat cantik untuk dijadikan sebagai ikan hias selain itu ikan ini bisa hidup berkelompok dan yang membuat banyak peminatnya ikan ini memliki beraneka jenis warna serta motif yang berbeda-beda. Jadi bisa anda bayangkan anda memiliki aquarium dengan beragam jenis warna dan dijamin membuat aquarium anda menjadi sangat indah dan cantik. Ikan discus ini berasal dari sungai amazon yang habitatnya berada ditempat yang tenang dan tidak berombak seperti danau, sungai dan rawa-rawa. Akan tetapi ikan discus ini harus membutuhkan perawatan yang baik agar ikan discus bisa hidup sehat, karena jika ikan discus stress maka warna dari ikan hias tersebut akan semakin redup dan ujung-ujungnya akan terserang penyakit.

Jenis Jenis Ikan Hias Predator

Ikan Louhan

Jenis Ikan Hias Louhan
Ikan yang dikenal dengan ciri khas kepala yang menonjol ini juga pernah sangat populer dan sampai sekarang peminatnya juga tidak kalah. Ikan louhan ini juga termasuk sebagai salah satu ikan pembawa hoki atau keberuntungan. Di Indonesia ikan lohan menjadi salah satu buruan pala kolektor yang pastinya juga memiliki harga yang fantastis dan tidak lupa dengan kontes. Jikan ikan lohan anda menang kontes, maka sudah dipastikan nilai jual anda bisa semakin bertambah. Dengan bentuk yang lucu yakni kepalanya yang bisa lebih besar dibandingkan dengan badannya, serta warna yang bagus membuat ikan ini menjadi mahal di pasaran. Jadi buat kalian yang ingin mengkoleksi jenis jenis ikan hias ini bisa langsung dicari ya.

Ikan louhan juga dikenal sebagai salah satu ikan teritorial, yah benar sekali ikan ini mirip dengan ikan cupang yang sangat agresif jadi biasanya ikan lohan dipelihara secara terpisah-pisah. Jika anda menggabungkan dengan sesama jenis maka ikan lohan akan beradu mulut dan bisa membuat kecantikan ikan ini menjadi berkurang.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Ikan Arwana

Jenis Ikan Hias arwana
Siapa yang tidak mengenal dengan ikan hias predator arwana, yah ikan ini merupakan sebuah ikan hias predator yang mirip seperti naga yang memiliki bentuk tubuh serta sisik yang indah, Ikan hias ini dikenal juga sebagai simbol kebruntungan dan kemakmuran. Ikan arwana dibandrol paling murah sebesar 800ribu untuk anakan arwana yang berwarna silver dan untuk anakan arwana yang berwarna super red bisa mencapai 2 sampai 3 jutaan per ekor. Jadi tidak ragu bahwa banyak sekali yang melakukan budidaya arwana sebagai ladang bisnis karena memang memiliki nilai jual yang sangat tinggi serta memiliki peminat yang tidak pernah mati.

Ikan Koi


Pasti kalian juga sudah tidak asing dengan ikan hias yang satu ini. Ikan koi yang biasa dipelihara dan ditempatkan di kolam ini juga dikenal sebagai simbol kemakmuran, ikan ini bisa tumbuh hingga 100 cm. Jadi kalian harus memiliki kolam yang besar untuk merawat ikan ini. Ikan koi juga banyak dibudidayakan karena memiliki harga pasar yang tinggi dan peminatnya juga terus bertambah.

Jenis Jenis Ikan Hias Guppy

Jenis Ikan Hias Arwana
Ikan Guppy termasuk sebagai salah satu jenis ikan yang gampang untuk dipelihara dengan harga yang dibilang cukup murah. Ini ini hanya berukuran kecil dan ikan guppy paling besar hanya bertubuh 5 cm saja. Yang menjadi daya tarik dari ikan guppy ini adalah memiliki sirip yang cantik dan bermotif yang bisa membuat kita tertarik untuk merawatnya. Jika ikan guppy merasa aman dan nyaman dengan habitatnya maka ia akan dengan mudah untuk berkembang biak. Ikan guppy yang populer di kalangan masyarakat adalah black moscow, Japan Blue, Leopard, Cobra dan masih banyak jenis lainnya.

Ikan Manfish


Ikan manfish atau disebut sebagai ikan layang-layang ini sangat gampang sekali dipelihara karena ikan hias air tawar ini bisa digabung dengan banyak jenis ikan hias lainnya, biasanya admin menyatukan dengan ikan mas koki ataupun ikan discus. Tubuh ikan manfish mirip dengan ikan discus yakni memiliki tubuh yang pipih dan sirip yang panjang keatas dan bawah. Serta memiliki beragam jenis warna. Ikan manfish ini tergolong sebagai ikan murah dan kaya akan manfaat untuk aquarium ikan hias lainnya karena ikan ini juga memakan kutu air yang menempel di tubuh ikan koki.

Baca Juga :  12 Ikan Hias Air Laut Yang Cocok Untuk Pemula

Ikan Molly


Jenis jenis ikan hias ini memiliki berbagia jenis warna serta motif yang cantik dan pastinya mudah dirawat seperti ikan guppy. Ikan ini disebut sebagia ikan omnivora yakni ikan ini akan mencoba untuk memakan ikan yang kecil termasuk anaknya sendiri. Memiliki bentuk yang kecil dan gemuk serta warna yang unik ini membuat ikan hias ini menjadi salah satu ikan hias air tawar yang cocok untuk dipelihara. Meski tidak ada aerator ikan ini mampu bertahan hidup. Ada fakta unik mengenai ikan molly loh, Ikan molly bisa berkembang biak juga dengan ikan guppy loh.

Ikan Neon Tetra


Nah ikan neon tetra ini bukan hanya populer di indonesia melainkan di luar negeri juga banyak dipelihara dan dijadikan sebagai jenis jenis ikan hias air tawar. Ikan ini sangat cocok digabungkan bersama akuarium aquascape karena ikan ini seperti memiliki lampu ditubuhnya. Ikan neon tetra ini juga cocok loh digabungkan dengan ikan cupang, tapi jika ingin memelihara ikan neon tetra sebaiknya pelihara dalam jumlah gerombolan karena memang ikan hias ini hidup bergerombol.

Buat kalian yang ingin memelihara ikan hias air tawar sebaiknya kalian harus mengenal terlebih dahulu alat pendukung aquarium yang cocok dan biasa dipakai oleh para penghobi ikan hias berikut ini beberapa alat pendukung yang bisa anda gunakan dalam aquarium anda.

Ikan Zebra


Ikan ini juga sangat disukai oleh para pecinta ikan hias, dengan ukuran yang kecil serta memiliki banyak jenis warna pada ikan hias air tawar ini membuat ikan ini diborong, selain itu ikan ini juga hidup secara bergerombol.

Ikan Black Ghost


Black ghost Memiliki warna hitam serta memiliki bentuk tubuh yang pipih serta sirip yang tidak beraturan dan membuat ikan ini dikenal sebagai ikan black ghost. Ikan ini suka memakan jentik nyamuk dan pelet.

Filter

Kegunaan Filter ini bertujuan untuk menjaga kualitas air aquarium anda, sesuaikan filter anda dengan ukuran akuarium serta volume air yang terdapat di aquarium, dengan menggunakan ukurang yang tepat maka ini sangat membantu anda dalam menjaga air aquarium tetap bersih dan jernih serta mampu membuat tempat anda menjadi lebih cantik