jenis udang air tawar

Jenis Udang Air Tawar dan Laut yang Paling Populer di Indonesia

Jenis Udang Air Tawar dan Laut yang Paling Populer di Indonesia – Udang merupakan makanan laut yang sudah familiar di masyarakat, sehingga keberadaanya di pasar tradisional maupun swalayan sudah tidak asing lagi. Citarasa dagingnya yang gurih saat dimasak membuatnya banyak digemari sebagai pelengkap lauknya saat makan.

Bahkan tidak hanya udang yang hidup di air laut saja, jenis udang di air tawar pun juga menjadi favorit tersendiri bagi masyarakat. Buat Anda yang sering mengonsumsi masakan udang, mungkin sebagian tidak banyak mengetahui jenis-jenis udang apa saja yang sudah Anda konsumsi.

Tidak sedikit jenis udang air tawar dan laut yang ternyata enak dimasak. Anda yang penasaran apa saja jenis-jenisnya bisa cermati ulasan kami berikut ini:

Jenis Udang Air Tawar

Udang Galah

Udang Galah

Udang galah sedikit mirip lobster tetapi udang ini adalah freshwater prawn atau lumrah disebut sebagai udang galah atau udang peci yang hidup di daerah perairan sungai yang dangkal.
Ciri-ciri udang ini tubuhnya berukuran besar dan ada capit birunya yang yang panjang. Tubuhnya juga bengkok sama seperti udang pada umumnya.

Keberadaan udang ini cukup populer di Indonesia dan tidak jarang dijual di Pasar maupun Swalayan. Tapi Anda juga bisa memancingnya sendiri sebab udang galah hidup di sungai yang mudah Anda jumpai.

Udang Windu

Udang Windu

Selanjutnya ada udang windu yang rasanya juga tidak kalah lezat dengan udang galah. Udang loreng ini juga disebut Giant tiger prawn, Penaeus monodon. Sayangnya, eksistensi udang windu mengalami penurunan. Sebab, udang ini mudah diserang virus bintik putih dan berbagai macam penyakit udang yang ganas. Kabarnya, udang windu hanya dijumpai di perairan Selat Malaka, Aceh dan di Timika, Papua saja. Itupun yang termasuk udang windu dengan kualitas baik.

Udang Api-api

Jenis Udang air tawar apir api

Ada juga jenis udang air tawar yang bernama udang api-api atau Metapenaeus monoceros dan Fabricius. Udang ini banyak di jumpai di estuari, air di daerah pesisir dengan satu sungai atau beberapa sungai mengalir lainnya yang terhubung dengan laut.

Udang api-api ini mempunyai panjang berukuran kurang lebih 18 cm, untuk udang betina warna tubuhnya cokelat muda yang transparan dengan bintik merah. Sedangkan kaki belakangnya berwarna kemerahan dan dua kaki depannya berwarna putih.

Sementara untuk udang api-api jantan umumnya berwarna lebih gelap daripada udang api-api betina dan kakinya bergaris putih. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 40 cm, itupun ukuran panjang maksimalnya.

Udang komersil yang cukup populer ini juga biasa disebut dogol atau dugul, udang kasap, udang kayu, udang laki, udang werus, udang kader dan masih banyak lagi.

Udang Banana

Jenis Udang air tawar Banana

Walaupun udang banana ini sebutannya udang pisang bukan berarti udang ini bentuknya seperti pisang tapi ini hanya sebutan dari udang putih atau white prawn.

Jenis udang air tawar ini memiliki bentuk tubuh berbuku-buku, memanjang, langsing dengan pangkal yang berbentuk segitiga. Warna kulitnya putih tembus pandang dengan dagingnya yang putih kekuningan. Itulah sebabnya udang ini ada yang bilang udang banana.

Tidak hanya itu, udang ini juga memiliki ciri-ciri berganti kulit luar dan mengalami perubahan dalam tubuhnya demi keberlangsungan hidupnya. Seperti makan, bergerak dan membenamkan diri.
Sedangkan untuk ukuran panjangnya bisa mencapai 23 cm. Udang ini juga memikiki organ sensor dari antena dan antenula yang terpasang di kepalanya.

Udang Batu

Jenis Udang air tawar batu

Selain udang banana dengan nama buah, kali ini ada juga jenis udang air tawar dengan nama udang batu atau Metapenaeus ensis. Udang ini juga tidak kalah diminati para pecinta makanan laut.

Ciri-ciri dari udang batu ini bagian terdepan kepalanya berujung tajam dan bagian atasnya bergerigi seperti gergaji. Untuk kulitnya berwarna kemerahan dan teksturnya lebih kasar daripada jenis udang lainnya. Itu kenapa udang ini disebut dengan udang batu.

Ukuran panjang maksimal dari udang kasar ini hanya mencapai 13 cm saja. Sehingga udang ini bisa dikatakan udang untuk konsumsi tekecil daripada jenis udang air tawar yang lainnya. Anda bisa menjumpai udang ini di muara sungai tapi ada juga yang hidup di perairan pantai.

Jenis Udang Air Tawar Sentadu

Jenis Udang air tawar sentadu

Udang air tawar terakhir yang lezat dikonsumsi yaitu udang sentadu dengan nama latin Mantis shrimp. Tubuhnya terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan udang air tawar lainnya. Seperti halnya namanya mantis yang artinya belalang sembah, makanya udang ini terlihat gepeng dan lebar dengan ukuran 30 cm untuk udang sentadu dewasa.

Udang sentadu ini juga dikenal sebagai udang ketak atau udang kucing. Masalah harganya udang berbentuk menarik ini tergolong mahal. Sebab, selain bergizi tinggi, rasa udang dari udang sentadu sangat lezat. Di mana kandungannya terdiri dari omega 3, vitamin B12, niacin, zinc, tembaga, zat besi, asam amino, asam gulamat, arganine, dan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buat Anda yang tertarik untuk memasak udang ini tips supaya dagingnya tidak meleleh usahakan memasak dengan menggunakan api sedang.

Jenis Udang Air Laut

Udang air laut, tentu lebih lumrah dikonsumsi daripada jenis udang air tawar di atas dan mungkin Anda sendiri sudah sering menjumpainya di pasar-pasar tradisional.

Udang Rebon

Udang Rebon

Pertama ada udang rebon, udang ini cocok buat Anda yang suka makan dengan taburan abon di atas nasi sebab ukuran udang rebon yang kecil ini yaitu itu sekitar berukuran 2 sampai 3 cm sehingga udang ini paling pas untuk dimasak sebagai abon, kerupuk dan terasi ataupun sambal udang.

Walaupun ukurannya terbilang sangat kecil tetapi masalah gizi tidak perlu ditanyakan lagi sebab udang ini bergizi tinggi dengan kandungan zat dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Udang Vaname

Udang Vaname

Udang Vaname atau whiteleg ini memiliki ciri-ciri dengan tubuh berwarna putih dengan corak kebiru-biruan. Dagingnya ketika dimasak empuk dan enak. Udang ini juga sering disebut sebagai udang raja atau udang patih Pasifik.

Anda yang ingin masak udang balado atau sup bisa pilih udang ini, walaupun harganya terbilang lumayan tinggi sebanding dengan rasanya yang lezat.

Jenis Udang Air Tawar Bertubuh Keras

Lobster

Lobster Air Tawar

Kemudian jenis udang air tawar yang paling enak dan populer saat ini yaitu lobster. Tubuhnya berkulit tebal dan keras, sedangkan berat dari udang raksasa ini bisa mencapai 2 kg.

Anda pasti sudah sering menjumpai udang lezat ini di restoran-restoran mahal dan hotel berbintang karena memang udang ini termasuk udang terfavorit yang pernah ada. Banyak sekali orang yang penasaran dan ketagihan dengan kelezatan istimewa dari makanan laut ini.

Udang ini biasanya disajikan dalam menu masakan udang lobster saus tiram, udang lobster bakar, asam manis dan udang lobster thermidor.

Nah, itulah pembaca setia jalurikan beberapa jenis udang air tawar dan laut yang paling populer di indonesia yang harus kalian ketahui