Jenis Ikan Hias

Macam-macam Ikan Hias, Cara Perawatan, dan Kisaran Harganya

Selain kucing dan anjing, hewan peliharaan lain yang bisa menjadi hiburan setelah pulang kerja yaitu ikan hias. Biasanya Macam-macam Ikan Hias ini ditempatkan di akuarium dengan berbagai ornament menarik yang membuat sudut rumah kamu lebih berwarna. Tidak hanya akuarium, ikan hias ini bisa ditempatkan pada kolam di depan rumah.

Apa Saja Macam-macam Ikan Hias

Jenis ikan hias apa yang kamu pelihara di rumah, cupang atau ikan emas? kedua ikan tersebut memang menjadi paling populer dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Namun tahukah kamu bahwa masih banyak macam-macam ikan hias lain yang cocok untuk anda pelihara?! Apa saja simak jawabannya di bawah ini!

Ikan Guppy

Ikan Hias Guppy

Macam-macam ikan hias pertama yang bisa kamu pelihara di rumah adalah ikan guppy. Ikan yang berasal dari Amerika ini memiliki bentuk yang sangat lucu layaknya seorang wanita yang mengenakan rok. Ukuran ikan ini tidak terlalu besar yaitu sekitar 2,5 cm untuk seluruh tubuh.
Apabila merawat ikan ini, kamu tidak perlu repot-repot mengarantina sebelum dimasukan ke dalam akuarium karena ikan guppy ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ikan Platy

Ikan Hias Platy

Memiliki ukuran yang sangat mungil, ikan platy ini mempunyai warna yang sangat mencolok ketika disandingkan dengan ikan hias lainnya. Warna tubuhnya yang oren dengan sirip dan ekor berwarna hitam membuat ikan ini sangat mempesona.

Serupa dengan ikan guppy, ikan platy ini mampu beradaptasi dengan mudah di habitat baru mereka. Tidak hanya itu, kelebih lain dari ikan platy ini yaitu mampu bertahan dari serangan penyakit.

Ikan Mas Koki

Jenis Ikan Hias

Bagi kamu pecinta ikan hias, ikan mas koi pasti sudah sering anda lihat atau bahkan pelihara. Ikan ini memiliki tampilan fisik yang sangat imut dan cantik. Dengan warna oren keemasan ditambah perut buncit, membuat ikan mas koi ini banyak diburu kolektor ikan hias.

Ikan mas koi ini memiliki range harga yang berbeda. Ada yang sangat murah yaitu Rp 10.000, namun ada pula yang mencapai ratusan ribu. Hal ini dipengaruhi oleh usia dan jenis ikan.

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Bagi kamu yang menyukai ikan hias dengan bentuk eksentrik, ikan neon tetra ini sangat cocok untuk dipinang. Ikan yang berasal dari Amerika Latin ini memiliki variasi warna yang unik yaitu putih perak dan biru neon.

Ketika ingin memelihara ikan hias yang satu ini, sebaiknya kamu menyiapkan ikan dengan jenis yang sama agar tidak stress. Pasalnya ikan yang satu ini hidup secara berkelompok di habitat aslinya.

Ikan Manfish

Ikan Hias Manfish

Satu lagi jenis ikan hias yang bisa dijadikan akuarium di rumahmu yaitu Ikan Manfish. Ikan ini memiliki warna dan bentuk yang sangat cantik. Paduan warna putih bening dan merah muda membuat ikan manfish ini terlihat begitu manis. Ditambah dengan perut buncitnya, ikan hias yang satu ini menjadi incaran pecinta ikan.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Macam-macam ikan hias yang terakhir yaitu ikan cupang. Kamu pasti suda tidak asing lagi dengan ikan petarung yangs satu ini karena banyak dijajakan oleh pedagang keliling. Ukuran cupang ini sebenarnya cukup mungil yaitu 2,5 cm saja dengan panjang maksimal 12,5 cm.

Meskipun kecil tetapi ikan hias yang satu ini memiliki kemampuan bertarung yang sangat hebat. Namun pertarungan ini hanya dilakukan ke sesama ikan cupang dengan jenis kelamin yang sama.
Kelebihan dari ikan cupang ini yaitu cara perawatan yang sangat mudah dan kemampuan bertahan dari serangan penyakit yang cukup handal. Ikan yang satu ini cocok untuk menjadi teman ikan hias lain di akuariummu.

Cara Perawatan Ikan Hias

Cara Merawat Ikan Hias
Macam-macam ikan hias yang kami sebutkan di atas merupakan ikan yang biasa dirawat di dalam akuarium. Bentuknya yang mini membuat ikan ini lebih aman di dalam akuarium sehingga terbebas dari ancaman predator seperti kucing dan katak.

Untuk menjaga stabilitas akuarium, sebaiknya kamu memisahkan ikan hias yang sakit ke dalam wadah tersendiri. Dengan cara inilah ikan hias lain yang berada di akuarium tidak tertular dengan penyakit tersebut.

Baca juga : Cara Merawat Ikan Hias Dengan Baik dan Benar Untuk Pemula

Selain itu, jangan pernah menempatkan ikan hias berukuran besar dan kecil dalam satu wadah. Sudah bisa diduga tentu ikan dengan ukuran besar akan mendominasi bahkan memangsa ikan yang lebih kecil.

Kamu juga harus mengetahui kebutuhan ikan hias yang dipelihara karena satu jenis ikan dengan yang lain tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebut saja untuk masalah arus air, terdapat ikan yang biasa hidup di arus deras, namun ada pula yang hidup di arus sedang.

Perhatikan pula masalah pemberian pakan, beri pakan ikan hias 3 kali sehari dengan makanan khusus ikan. Setelah itu, jangan lupa membersihkan sisa makanan yang mengapung di atas air agar kualitas air selalu terjaga dan terhindar dari jamur.

Kisaran Harga Ikan Hias

Ikan hias yang beredar di pasaran saat ini memiliki harga yang relative terjangkau yaitu Rp 2.000-50.000 per ekor. Namun harga tersebut untuk jenis ikan biasa ya, sedangkan untuk ikan hias premium seperti koi harganya bisa mencapai ratusan ribu per ekornya.

Jadi pilihan ikan hias untuk akuarium sepenuhnya berada di tanganmu. Harga tentunya tidak menjadi masalah yang berarti jika dibandingkan dengan hati yang senang melihat ikan hias yang mewarnai akurium rumahmu.

Demikian ulasan lengkap dari kami Jalurikan mengenai macam-macam ika hias lengkap dengan cara perawatan dan kisaran harganya. Tentukan pilihanmu dan pinang ikan hias lucu untuk meramaikan akuriummu.