Makanan Ikan Oscar

Makanan Ikan Oscar Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui

Makanan Ikan Oscar Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui – Merawat ikan Oscar tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda perlu memperhatikan komposisi dan nutrisi yang tepat agar memiliki pertumbuhan dan juga warna yang baik. Selain itu, dengan memperhatikan komposisi makanan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dari si ikan yang bersangkutan.

Di habitat aslinya, ikan Oscar memiliki kegemaran untuk memakan ikan-ikan kecil dan ataupun juga serangga air karena ikan ini termasuk jenis ikan karnivora. Guna memenuhi asupan protein dan nutrisinya, tentu Anda perlu memilih jenis-jenis makanan ikan secara cermat dan sebisa mungkin tidak monoton agar perkembangan ikan Oscar ini bisa lebih optimal.

Rekomendasi Makanan Ikan Oscar Untuk Menunjang Pertumbuhannya

Ikan oscar

Perlu diketahui bahwa daya tarik ikan Oscar ini terletak pada corak sisiknya yang menyerupai batik. Namun sisik yang menarik ini akan terlihat menonjol ketika ikan sudah dewasa dan berkembang pertumbuhannya. Guna menunjang pertumbuhan dan warna sisik yang dimilikinya, berikut adalah beberapa jenis makanan ikan Oscar yang patut Anda pertimbangkan.

1. Makanan Ikan Oscar Cacing Sutra

Cacing Sutra

Salah satu pakan yang cukup direkomendasikan untuk anakan ikan Oscar adalah cacing sutra atau kadang juga disebut dengan cacing rambut. Pakan ini cukup ampuh dalam menunjang perkembangan dan tumbuh kembang ikan hias karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Cacing sutra mengandung sekitar 13% lemak dan 50% protein. Kandungan nutrisi yang cukup tinggi ini membuat cacing sutra menjadi salah satu pakan terbaik untuk anakan ikan Oscar yang Anda miliki. Bentuk cacing sutra yang cukup tipis, lembut, dan panjang membuatnya cukup mudah untuk dikonsumsi oleh anakan ikan Oscar.

Baca Juga :  6 Cara Merawat Aquascape Dengan Benar, Cocok Untuk Pemula

2. Udang Rebon

Udang Rebon

Rekomendasi makanan ikan Oscar yang selanjutnya adalah udang rebon. Udang rebon sangat cocok diberikan apabila Anda ingin membuat corak sisik yang dimiliki oleh ikan Oscar tersebut semakin terlihat cerah dan juga cantik. Udang memiliki kandungan zat karoten yang sangat tinggi.

Keberadaan zat karoten pada udang bisa merangsang pembentukan corak warna ikan Oscar menjadi lebih terang dan juga cantik. Namun, pemberian pakan berupa udang ini pun harus hati-hati. Anda perlu membuang bagian sungut udang karena bagian ini bisa membahayakan terutama untuk anakan ikan Oscar.

3. Ikan-ikan Kecil

Makanan ikan Oscar

Ikan-ikan kecil juga menjadi salah satu jenis makanan ikan Oscar yang cukup direkomendasikan. Di habitat aslinya sendiri, ikan Oscar cukup gemar memakan ikan-ikan kecil sebagai makanan utamanya. Ada cukup banyak jenis ikan-ikan kecil yang bisa Anda gunakan mulai dari ikan cere dan ataupun juga ikan komet.

Memangsa ikan-ikan kecil bisa membuat karakteristik ikan Oscar yang buas dan agresif dapat tetap terjaga dengan baik meski\ berada di dalam akuarium. Meskipun Anda bisa memberikan ikan yang sudah mati sebagai pakan, namun ikan Oscar cenderung menyukai ikan-ikan kecil yang masih hidup. Jadi ada baiknya jika pakan yang diberikan juga masih dalam kondisi hidup.

4. Ulat Hongkong

ulat hongkong
Mungkin banyak diantara Anda yang berpikiri bahwa ulat Hongkong hanya untuk pakan ikan Arwana. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena ulat jenis ini pun juga bisa Anda berikan untuk ikan Oscar kesayangan Anda. Kandungan nutrisi dan protein yang dimilikinya akan membuat pertumbuhan ikan Anda menjadi semakin optimal.

Namun sebelum memberikan ulat hongkong sebagai makanan Oscar, perlu Anda ketahui bahwa sebaiknya jangan terlalu banyak dalam memberikan ulat hongkong ini pada ikan Oscar. Pasalnya jika terlalu banyak akan bisa menimbulkan masalah pencernaan pada ikan sehingga membuat nafsu makan menjadi menurun.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Jika Anda memberikan makan ikan Oscar dengan menggunakan ulat hongkong sebaiknya diberikan antara 2-3 ekor saja dalam sekali makan untuk masing-masing ikan. Dengan demikian Anda bisa mengurangi potensi terjadinya kelebihan makanan pada ikan hias yang Anda miliki.

5. Potongan Daging

potongan daging
Sebagai pakan ikan karnivora, potongan daging bisa menjadi alternatif pilihan yang cukup baik untuk digunakan sebagai pakan. Anda bisa menggunakan potongan daging apa saja sesuai kemampuan. Bak itu potongan daging ayam dan ataupun juga daging sapi. Kedua jenis potongan daging ini cukup umum digunakan untuk pakan ikan Oscar.

Kandungan nutrisi yang cukup tinggi pada makanan ikan Oscar berbentuk potongan daging ini akan membuat pertumbuhan ikan hias yang Anda miliki menjadi semakin maksimal dan optimal. Dengan kandungan nutrisi yang cukup baik dan juga lengkap akan membuat ikan hias yang Anda miliki menjadi lebih cepat tumbuh besar.

6. Kelabang

kelabang
Pilihan makanan untuk ikan Oscar yang bisa digunakan selanjutnya adalah kelabang. Jenis makanan ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk ikan Oscar yakni membantu membuat warna pada tubuh ikan menjadi cerah dan juga menawan.

Namun mengingat bahwa kelabang adalah hewan yang cukup berbahaya, Anda harus ekstra hati-hati ketika ingin memberikan pakan ini untuk ikan Oscar kesayangan Anda. Selain itu, sebaiknya porsi pemberian kelabang untuk makanan Oscar pun harus diperhatikan. Sebaiknya jangan terlalu sering memberikan kelabang karena akan membuat ikan tersebut menjadi enggan untuk memakan jenis pakan yang lainnya.

Sebaiknya berikan kelabang pada ikan Oscar hanya sebagai pakai alterntif saja. Anda bisa memberikan kelabang untuk pakan ikan Oscar ini satu kali dalam seminggu atau dua minggu sekali untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecanduan pada ikan Oscar yang Anda miliki. Jika ikan terlalu kecanduan dengan kelabang maka Anda sendiri yang akan repot. Selain repot mencari, harganya pun relatif mahal yakni bisa di atas Rp 6 ribu per ekornya.

Baca Juga :  Cara Merawat Ikan Hias Dengan Baik dan Benar Untuk Pemula

7. Makanan Pabrikan Untuk Ikan Oscar

pelet oscar
Selain memberikan makanan alaminya, Anda bisa juga memberikan makanan olahan pabrik untuk ikan Oscar yang Anda miliki. Selain lebih praktis, biasanya makanan pabrik juga sudah memiliki kandungan nutrisi mencukupi untuk menunjang tumbuh kembang ikan Oscar yang Anda pelihara.

Ada cukup banyak makanan Oscar hasil pabrikan yang bisa Anda pilih. Mulai dari Hikari Growth Sinking, Bio Top, Akari Maggot Pro, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan pakan dan juga ukuran dari ikan Oscar yang Anda pelihara. Meski Anda bisa memberikan pakan pabrikan, namun ada baiknya jika Anda tetap memberikan pakan alami untuk ikan Oscar Anda agar perkembangan dan karakter buasnya tetap terjaga.

8. Rotifera Untuk Makanan Burayak (Anakan) Ikan Oscar

Pada saat anakan ikan Oscar mulai menentas pada umumnya mereka belum membutuhkan makanan hingga usianya 3 hari. Namun ketika sudah memasuki usia empat hari, anakan ikan ini sudah mulai membutuhkan makanan. Dan salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Rotifera yakni binatang mikroskopis yang mirip dengan Plankton.

Demikianlah beberapa jenis pilihan makanan ikan Oscar yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan perkembangan ikan hias Anda. Memelihara ikan Oscar tidak hanya berfokus pada pengembangan ukuran tubuh saja. Namun Anda juga perlu memperhatikan perkembangan tingkat kecerahan dan corak warna sisik ikan yang menyerupai pola batik.