Maggot Lalat

Rekomendasi Pakan Untuk Lele Alternatif Agar Budidaya Lebih Sukses

Rekomendasi Pakan Untuk Lele Alternatif Agar Budidaya Lebih Sukses – Bisnis ternak ikan lele merupakan salah satu jenis bisnis ternak yang sudah sejak lama dapat menjanjikan keuntungan. Karena seperti yang diketahui terdapat bisnis kuliner yang menjadikan lele sebagai bahan utama, dan menjadi makanan kegemaran untuk berbagai kalangan.

Seperti yang telah diketahui, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam melakukan budidaya ikan lele. Salah satunya adalah pakan untuk lele yang harus memiliki kualitas baik atau paling tidak diberikan secara benar. Terutama hal ini perlu diketahui oleh para pemula.

Rupanya, pakan ikan lele memiliki jenis makanan yang dapat diperoleh secara alami dan memiliki harga yang relatif murah. Salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan ternak lele adalah dengan menggunakan kolam terpal, kolam tembok, ataupun dapat menggunakan sistem bioflok.

Budidaya Ikan Lele

Penggunaan sistem bioflok tentu harus mengandalkan mikroorganisme, karena mikroorganisme akan berpengaruh terhadap rasa dari daging ikan lele yang akan menjadi lebih gurih dan tanpa perlu menggunakan pakan untuk lele yang bermacam-macam.

Dalam melakukan budidaya ikan lele setiap peternak memiliki kegemarannya masing-masing dengan jenis pakan ataupun hal lainnya. Untuk dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele dapat digunakan pakan alternatif alami. Pakan alternatif alami ini menjadi makanan yang paling disukai oleh banyak jenis ikan lele dan menjadi rahasia umum agar ikan lele yang diternak cepat tumbuh besar.

Untuk pemula, Anda dapat memulai melakukan ternak lele dengan menggunakan media kolam terpal terlebih dahulu. Walaupun jenis ini merupakan jenis budaya yang lebih baru dari yang sebelum-sebelumnya, namun media ini lebih banyak digunakan. Adapun pakan lele itu pun dapat disesuaikan.

Akan tetapi, walaupun sudah banyak media baru yang digunakan untuk ternak ikan lele, beberapa masih tidak meninggalkan budidaya ya ikan lele yang menggunakan media kolam tanah, kolam tembok, ataupun dengan menggunakan drum plastik. Bahkan ada yang sudah menggunakan media baru seperti kolam terpal namun tetap menggunakan media lain yaitu drum plastik.

Untuk dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan ikan lele agar mengalami cepat panen, terdapat banyak jenis alternatif pakan untuk lele yang menjadi rekomendasi yaitu sebagai berikut.

Rekomendasi Alternatif Pakan Untuk Lele

Maggot Lalat

Maggot Lalat

Maggot lalat merupakan jenis pakan yang biasa tumbuh dengan menggunakan siklus tertentu yaitu melalui telur lalat. Adapun jenis alat yang digunakan adalah black soldier fly yang mengalami metamorfosis fase kedua setelah mengalami fase telur. Lebih tepatnya maggot adalah telur lalat yang berada pada fase pupa sebelum menjadi lalat dewasa.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh maggot adalah berupa protein dengan presentase hingga 40%. Sedangkan nilai gizi dari pelet yang dibuat oleh pabrik untuk digunakan sebagai pakan untuk lele, hanya mencapai sekitar 20 hingga 25% zat protein.

pakan jenis ini dapat membantu untuk meningkatkan tingkat metabolisme pada ikan dengan sangat baik untuk dapat melindungi serta melawan dari berbagai penyakit yang dapat menimbulkan kegagalan budidaya ikan lele.

Ikan rucah

ikan rucah
Selanjutnya adalah ikan rucah yang memiliki nilai gizi sangat tinggi dan sangat disukai oleh para peternak karena mengandung protein yang tinggi. terdapat komponen yang dikandung oleh ikan rucah yang berasal dari berbagai unsur. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai penunjang pertumbuhan ikan dengan rasa yang sangat disukai oleh ikan lele.

Sebagai pakan harian, Anda dapat menggunakan ikan rucah untuk budidaya ikan lele dengan pakan untuk lele yang yang sangat disukai baik bagi ternak ataupun bagi para peternak.

Bekicot

Bekicot
Memiliki kandungan protein yang lengkap, bekicot dapat dijadikan sebagai bahan pakan ikan lele alternatif untuk dapat mempercepat besar pertumbuhan ternak ikan lele tersebut karena ikan lele menyukai jenis pakan yang amis, maka bekicot sangat cocok digunakan sebagai pakan harian.
para peternak ikan lele pun sangat memuji bekicot sebagai pakan lele karena fungsi gizi yang dimiliki hampir sama dengan fungsi gizi yang ada pada keong mas. Tentu saja pakan ini akan dapat sangat menguntungkan para pelaku budidaya.

Cacing

Cacing alternatif Pakan Untuk Lele
Cacing menjadi rekomendasi Pakan untuk lele selanjutnya. Para ahli mengatakan bahwa cacing memiliki kadar protein yang tinggi hingga mencapai 76%. apabila dibandingkan dengan protein yang ada dalam daging mamalia yang hanya memiliki kadar protein sekitar 65% dan ikan yang hanya memiliki kadar protein sebanyak 50%, cacing memiliki kadar protein yang lebih tinggi.
Salah satu jenis cacing yang yang sangat bagus untuk digunakan sebagai pakan ikan lele adalah cacing sutra. Karena dapat membantu untuk mempercepat laju pertumbuhan ikan lele. Tekstur lembut yang dimiliki oleh cacing sutra akan membuat pakan menjadi mudah dicerna oleh ikan lele.

Akan tetapi, penggunaan cacing sebagai pakan lele akan membuat air menjadi lebih cepat kotor. Inilah resiko yang akan dialami oleh para perenang apabila memilih cacing sebagai pakan untuk lele. Sehingga sebelum diberikan kepada ikan lele, Anda harus memastikan untuk mencuci dan membersihkannya terlebih dahulu agar tidak turut memasukkan bakteri patogen ke dalam kolam ternak. karena bakteri patogen akan menghambat pertumbuhan ikan lele.

Tanaman atau Dedaunan

paku air alternatif Pakan Untuk Lele
Selain menggunakan jenis hewan lain untuk pakan lele ternyata anda dapat menggunakan tanaman berupa azolla yang yang sejenis tumbuhan paku air yang sangat dibutuhkan oleh ikan lele. Azolla merupakan tumbuhan yang baik untuk digunakan sebagai saluran irigasi di area pinggir kolam karena akan membuat tanah lembab.

tanaman ini pun sangat banyak dicari oleh para peternak ikan khususnya ikan lele, karena menjadi alternatif pakan tambahan yang murah. Hingga intensitas perburuannyamenjadi cukup tinggi akibat kandungan protein yang dimiliki hingga mencapai 35%.

Unggas

unggas alternatif Pakan Untuk Lele
Limbah ayam mati dari peternakan ayam dapat digunakan sebagai pakan untuk lele. Karena lele dapat dikatakan sebagai jenis hewan karnivora adapun ayam yang sudah mati tidak dapat langsung diberikan sebagai pakan secara langsung karena dapat mengakibatkan wabah penyakit pada ikan. Dan tentunya hal tersebut akan mengakibatkan kegagalan panen.

Tetap saja ayam harus direbus serta dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan bau dan membunuh bibit penyakit yang mungkin saja terkandung dalam ayam. Apabila ayam telah matang, diamkan terlebih dahulu baru kemudian diberikan pada lele pada saat itu juga.

Dalam budidayanya, tidak cukup hanya memperhatikan satu aspek saja. Akan tetapi harus diimbangi dengan memperhatikan hal-hal lain seperti kebersihan, jam pemberian makan, memperhatikan proses pertumbuhan dan pemisahan bibit ikan secara intens, dan tentunya perawatan lainnya yang harus diperhatikan dengan baik.

Lakukan beberapa research terlebih dahulu, dan kuasai segala kebutuhan ternak ikan lele sebelum benar-benar melakukan budidaya dalam jumlah yang besar. Anda tidak dapat gegabah melakukan budidaya ikan lele yang hanya mengandalkan pakan untuk lele saja. Alih-alih akan mendapatkan untung nantinya anda hanya akan memperoleh kerugian apabila melakukan secara sembarangan